Search
Sabtu 22 Februari 2020
  • :
  • :

Laporan Q3 Akamai: Kecepatan Internet Indonesia Naik Jadi 1,2 Mbps

MAJALAH ICT – JAKARTA. Akamai keluarkan laporan terbaru mengenai kondisi internet di dunia untuk Q3 2012. Menurut data terbaru dari survey internasional yang dilakukan provider pengiriman konten – Akamai Technologies, Indonesia merupakan negara dengan peningkatan kecepata internet tertinggi hingga 54% atau 1.2Mbps di kuartal ketiga 2012. Selain Indonesia, hampir sebagian besar negara di Asia juga terus meningkatkan kecepatan konektivitas di negaranya. Bahkan dilansir bahwa negara dengan kecepatan internet yang paling tinggi juga berasal dari Asia. Karena itu, Meski naik posisi kecepatan internet Indonesia, namun posisi Indonesia di kawasan ASEAN tetap berada di bawah 
 
Adapun metode yang digunakan Akamai adalah dengan memantau berdasar 25 ribu IP yang melakukan permintaan konten ke Akamai. Berdasar laporannya, kecepatan koneksi internet yang paling cepat selama kuartal kedua 2012 ini adalah Korea Selatan dengan 14,7 Mbps, disusul Jepang dengan 10,5 Mbps dan Hong Kong di tempat ketiga dengan 9,0 Mbps.
 
Indonesia sendiri kecepatan rata-rata internet nya adalah 1,2 Mbps atau 800 kbps. Posisi Indonesia di bawah Singapura (4,9 Mbps), Thailand (2,9 Mbps), Malaysia (2,2 Mbps), Vietnam (1,3 Mbps) serta Filipina (1,3 Mbps). Secara global, Indonesia di peringkat 115. Ini meningkat sebelumnya Indonesia berada di peringkat 127.
 
Dalam laporan “State of the Internet” ini, diungkap pula bahwa 51% lalu lintas serangan di internet bersumber dari wilayah Asia Pasifik, kemudian Eropa 25%, Amerika Utara dan Selatan 23% dan Afrika 1%. Dilaporkan bahwa China menjadi negara yang paling banyak meluncurkan serangan cyber ke jaringan komputer dunia. Pada kuartal ketiga 2012 hasil pantauan melaporkan bahwa 33% dari seluruh serangan lalu lintas internet berasal dari Cina. Negara-negara Asia lainnya yang sebagai sumber serangan lalu lintas internet antara lain Taiwan 4.5%, India 2.9% dan Korea Selatan 1.5%. 

Loading...




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *