Search
Jumat 28 Februari 2020
  • :
  • :

Lebih dari 280 Ribu Siswa Mengikuti Tryout Gratis Di Aplikasi Ruangguru

MAJALAH ICT – Jakarta. Lebih dari 280.000 siswa di seluruh Indonesia telah berhasil mengikuti kegiatan tryout secara gratis dalam program Tryout Online Nasional, tryout berbasis aplikasi daring secara serentak terbesar di Indonesia, yang dipersembahkan oleh Ruangguru, aplikasi belajar terbesar di Asia Tenggara.

Pada tanggal 5-25 Januari 2020, siswa kelas 1 SD sampai kelas 12 SMA di seluruh Indonesia telah mengikuti tryout melalui aplikasi Ruangguru dengan berbagai materi yang tersedia, yakni UTBK, USBN, UNBK, serta mata pelajaran reguler seperti Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Ekonomi, Geografi, Sosiologi, dan Sejarah Peminatan. Peserta tryout juga berkesempatan untuk memenangkan hadiah dengan grand total ratusan juta rupiah untuk semua jenjang.

“Kami di Ruangguru percaya bahwa tryout adalah salah satu cara yang paling efektif yang dapat membantu siswa mengukur kesiapan belajar mereka. Sebab, setelah mendapatkan hasil tryout, siswa bisa menentukan apalagi yang harus mereka tingkatkan guna mencapai hasil belajar yang paling maksimal. Melalui Tryout Online Nasional ini, peserta juga bisa mengukur pencapaian mereka dengan siswa di seluruh Indonesia, dan kami harap kegiatan ini berhasil memacu semangat siswa untuk memantapkan proses belajar di semester dua yang penuh ujian ini,” ucap Pendiri dan Direktur Utama Ruangguru, Belva Devara.

Salah satu bentuk inovasi dalam Tryout Online Nasional Ruangguru adalah dengan menerapkan Teori Responsi Butir (Item Response Theory) dalam menilai hasil belajar siswa yang mengikuti tryout UTBK. ITR sendiri akan menjadi sistem penilaian yang resmi digunakan saat UTBK nanti.

“Bagi siswa yang mengikuti tryout UTBK, mereka mendapatkan hasil tryout yang sudah melewati sistem penilaian yang sama dengan sistem penilaian saat mereka ujian nantinya. Dengan ini, Ruangguru juga menjadi platform pertama yang memberikan peserta tryout di seluruh Indonesia sebuah pengalaman dan hasil belajar yang sangat mirip dengan ujian aslinya nanti. Harapannya, ini akan semakin mematangkan persiapan siswa untuk mencapai hasil belajar sesuai target,” tambah Pendiri dan Direktur Produk & Kemitraan, Iman Usman.

Vito Christian, murid kelas 12 SMA di SMAN 2 Kediri, Jawa Timur adalah pemenang juara tiga dalam kegiatan Tryout Online Nasional Ruangguru di kategori UTBK. Menurut Vito, pengalaman mengikuti dan memenangkan ajang tryout secara nasional telah memberikannya motivasi untuk terus semangat belajar demi melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri impiannya.

“Berkat tryout [TO] ini aku jadi tahu mengerjakan UTBK itu seperti apa, juga bagaimana cara kita bisa berpikir cepat dan tepat karena setiap soal harus kita kerjakan kurang lebih satu menit. Setelah TO juga ada pembahasannya, jadi kita bisa memperbaiki dan mempelajari materi apa yang belum kita kuasai. TO ini kan juga sudah berbasis online, jadi sudah seperti UTBK yang sebenernya. Selain itu waktu, jenis soal, dan bobotnya juga sudah sesuai dengan UTBK sebenarnya,” ucap Vito.

 

Loading...




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *