Search
Kamis 4 Juni 2020
  • :
  • :

Lembaga Keuangan Diharapkan Jadi Mitra bagi Pencapaian Digitalisasi UMKM

MAJALAH ICT – Jakarta. Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Lembaga Keuangan PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tbk menyepakati kerjasama untuk Pengembangan UMKM melalui Platform Digital Dalam Rangka Mendukung Program 1 Juta Domain yang ditandatangani oleh Dirjen Aplikasi Informatika Semuel Abrijani Pangerapan dengan Direktur Utama Direktur Utama Bank BRI Asmawi Syam disaksikan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara dan Sekjen Kementerian Koperasi dan UMKM Agus Muharram yang dilakukan di Kantor Pusat BRI, Jakarta. Kehadiran lembaga keuangan diharapkan dapat memberikan daya dorong yang tinggi bagi pertumbuhan digitalisasi UMKM dimana ditargetkan untuk mencapai 8 juta domain bagi UMKM.

Menkominfo Rudiantara menyambut kesepakatan kerjasama yang dilaksanakan Kementerian Kominfo dan PT BRI tbk ini. “Saya menyambut baik langkah kesepakatan bersama ini, harus ada untuk saling memanfaatkan apa yang dimiliki oleh orang lain. BRI memiliki nasabah dengan jumlah puluhan juta yang masuk UMKM dan saya katakan kenapa tidak melakukan kerjasama saja,” ujar Menkominfo Rudiantara.

Menkominfo Rudiantara selanjutnya mengatakan bahwa 1 juta domain untuk UMKM masih sangat sedikit dantidak ada artinya. “Di Indonesia ada 50 juta lebih UMKM, jika ini seperlimapuluh maka ini cuma 2%. Saya merasa malu, jika ini kita anggap bisa mengerjakan sendiri, kita mempunyai keterbatasan, jadi jika Kementerian Kominfo sendiri saja tidak akan pernah sampe pada apa yang direncanakan ini,” tegas Menkominfo.

Kominfo akan terus mendorong untuk bekerjasama dengan UMKM untuk memberdayakan masyarakat melalui koperasi. ”Ijin pelayanan trasportasi online, misalkan Grab dan Uber sebaiknya diberikan ke Koperasi karena Koperasi adalah kumpulan individu, bukan modal. Anggota koperasi akan eligible untuk mendapatkan KUR,” tandas Rudiantara.

Menkominfo juga mengutarakan mengenai salah satu Program Jangka Panjang Kementerian Kominfo dalam pemanfaatan perkembangnan TIK hingga tahun 2020. “Program 1000 Startup Digital, jika bisa BRI bantu juga. Startup sucesstrasinya sekitar 4-5%, akan tetapi jika nantinya sudah mencapai fase unicorn, perusahann e-commerce dengan market cap $ 1 juta. BRI bisa juga merasa bangga telah menjadi bagin dari kesuksesan startup yang dibantu tersebut,” tutur Rudiantara.

Loading...




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *