Search
Minggu 17 November 2019
  • :
  • :

Libra Limbung, Mastercard, Visa dan Ebay Tarik Diri

MAJALAH ICT – Jakarta. Cryptocurrency Facebook bernama Libra nampaknya menghadapi kendala besar. Hal itu setelah Mastercard Inc., Visa dan Ebay Inc. meninggalkan Libra Association, yang mengawasi proyek. Stripe Inc. dan Mercado Pago yang berbasis di Argentina juga keluar dari inisiatif ini. Perusahaan-perusahaan yang merupakan bagian dari Asosiasi Libra sebelumnya meresmikan partisipasi mereka dalam inisiatif ini. Perusahaan-perusahaan seperti Visa dan Mastercard mungkin khawatir  karena para regulator global khawatir tentang proyek tersebut.

Awal bulan ini, PayPal juga meninggalkan asosiasi Libra. Keberangkatan berarti bahwa Libra tidak lagi memiliki dukungan dari perusahaan pembayaran digital utama.

Terlepas dari kemunduran ini, Dante Disparte, kepala komunikasi di Asosiasi Libra, mengatakan bahwa “Kami fokus untuk bergerak maju dan terus membangun asosiasi yang kuat dari beberapa perusahaan terkemuka dunia, organisasi dampak sosial dan pemangku kepentingan lainnya” dan bahwa keanggotaan asosiasi dapat bertambah dan berubah seiring waktu.

Menteri Keuangan Prancis Bruno Le Maire mengatakan bahwa Libra seharusnya tidak dikembangkan di Uni Eropa dan mengatakan bahwa “seharusnya tidak menjadi peran perusahaan swasta untuk mencoba dan mendapatkan mata uang berdaulat seperti negara berdaulat.”

Valdis Dombrovskis, Wakil Presiden Eksekutif-Menunjuk Komisi Eropa, juga mengatakan minggu ini bahwa Libra perlu diatur secara ketat untuk menjaga stabilitas moneter dan untuk mencegah operasi pencucian uang.

Di A.S., Ketua Federal Reserve Jerome Powell mengatakan awal tahun ini cryptocurrency menimbulkan “banyak kekhawatiran serius terkait privasi, pencucian uang, dan perlindungan konsumen.” Menteri Keuangan Steve Mnuchin juga mengatakan bahwa mata uang itu dapat digunakan untuk membiayai operasi teroris, dan itu mewakili “masalah keamanan nasional.”

Libra diresmikan oleh Facebook pada bulan Juni, dan disebut-sebut sebagai mata uang digital yang dapat dikelola dari ponsel seseorang. Cryptocurrency secara khusus diarahkan pada 1,7 miliar orang di planet ini tanpa akses ke rekening bank tradisional.

 

Loading...




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *