Search
Selasa 23 Juli 2019
  • :
  • :

Majalah ICT Edisi No.51-2016

Pembaca Majalah ICT dimanapun berada,

Tak terasa kita sudah memasuki penghujung tahun 2016. Begitu banyak perkembangan, tantangan, aturan dan juga layanan teknologi informasi dan komunikasi yang hadir di 2016 ini. Selain hadirnya Roadmap E-Commerce, yang membuat harapan e-commerce yang akan memberikan kontribusi 130 miliar dolar AS pada 2020 bukan sekadar dongeng menjelang tidur, yang juga menyita perhatian publik di akhir 2016 ini adalah kehadiran UU No.19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Undang-Undang No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Kehadiran UU No.19 Tahun 2016 ini akan menjadi bahasan di edisi pamungkas Majalah ICT di tahun 2016. Sebab, walaupun ini merupakan revisi dan dapat dikatakan perbaikan terhadap UU ITE sebelumnya, No. 11/2008, dengan pengurangan sanksi khususnya untuk soal pencemaran nama baik atau fitnah sebagaimana diatur dalam Pasal 27 ayat 3, namun UU baru dianggap tetap mengancam. Tercatat, setelah UU ini disahkan Paripurna DPR, banyak yang kemudian dijadikan tersangka dengan menggunakan UU ITE ini.

Hal lainnya, yang juga kami angkat dalam edisi ini adalah rencana pemerintah untuk reorientasi dan mempermudah sertifikasi perangkat telekomunikasi telepon seluler, komputer genggam, dan komputer tablet. Kemudian ada juga informasi penghentian penggunaan frekuensi 1900 MHz yang digunakan Smart Telecom. Pembersihan frekuensi 1900 MHz ini penting mengingat ada dua blok frekuensi di rentang 2,1 GHz yang digunakan untuk 3G hingga kini menganggur tak terpakai. Padahal, frekuensi merupakan sumber daya terbatas dengan nilai yang cukup besar jika dirupiahkan. Tak ketinggalan, ada juga ulasan seputar perkembangan terkini teknologi informasi dan komunikasi lainnya.

Melalui forum ini dapat kami sampaikan, kami tetap menanti Sidang Pembaca untuk memberi masukan, kritikan maupun pertanyaan melalui redaksi@majalahict.com atau melalui form navigasi Redaksi yang ada di laman www.majalahict.com. Untuk membaca Majalah ICT Edisi No.51-2016, silakan klik di sini.

Selamat membaca, Selamat merayakan Natal dan Tahun Baru 2017. Semoga di tahun 2017, memberikan harapan baru perkembangan teknologi informasi dan komunikasi Indonesia. Maju terus ICT Indonesia.

 

Loading...




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *