Search
Selasa 22 Agustus 2017
  • :
  • :
cover ICT Mar 17

Majalah ICT Edisi No.56-2017

Pembaca Majalah ICT yang budiman,

Dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir, perkembangan bisnis digital laksana cendawan di musim hujan. Banyak perusahaan, aplikasi, permainan dan layanan digital hadir ke tengah masyarakat. Namun dari yang banyak itu, ada yang satu per satu gugur, namun ada juga yang bisa meraih investasi hingga triliunan rupiah. Meski begitu, yang berhasil nampaknya lebih sedikit dibanding yang harus satu per satu meninggalkan gelanggang. Pasalnya, booming bisnis digital tidak disambut perubahan mendasar dari sektor perbankan, yang muaranya, seolah bisnis ini seperti gelembung (bubble) yang mudah kempes atau bahkan pecah. Topik inilah yang kami angkat sebagai laporan utama Majalah ICT No.56-2017 ini.

Masih terkait bisnis digital, peretasan situs salah satu perusahaan telekomunikas terbesar di tanah air, selain menyangkut keamanan informasi, pesan yang disampaikan peretas mengenai mahalnya tarif internet di Indonesia kami sajikan dalam laporan khusus. Sebab bagaimana mungkin kita bicara mengenai ekonomi digital hingga berbusa-busa, namun dari segi infrastruktur jaringan, khususnya soal tarif yang terjangkau, menjadi hambatan. Kami mencoba membedah isu tarif data atau tarif internet ini dari berbagai sisi.

Di edisi kali ini, kami juga hadirkan pembahasan dan informasi terkini perkembangan teknologi informasi dan komunikasi Indonesia lainnya. Dari soal penegasan Komisi Penyiaran Indonesia Pusat yang melarang kampanye lewat layar kaca di luar jadwal yang ditentukan Komisi Pemilu Umum, kemudian informasi mengenai 109 perusahaan belum membayar Biaya Hak Penyelenggaraan Telekomunikasi yang kemudian mendapat Surat Peringatan Pertama, ada juga informasi perkembangan penghitungan biaya interkoneksi yang gagal diimplementasikan pada 2016, serta upaya membidik pasar dunia lewat pemasaran online yang dikembangkan Kementerian Koperasi dan UKM.

Melalui mimbar ini, kami ingin menyampaikan pula bahwa Majalah ICT akan hadir dalam perhelatan CommunicAsia 2017 di Sands Expo and Convention Centre Singapura yang berlangsung tanggal 23 – 25 Mei mendatang. Menginformasi perkembangan ICT Indonesia terkini serta menjadi bahan rujukan akademis dan keputusan bisnis merupakan harapan kami akan kehadiran Majalah ICT yang terbit dalam dua bahasa—Bahasa Indonesia dan Inggris—ini. Kunjungi kami di booth 5K1-01 untuk mendapatkan informasi lebih jauh mengenai Majalah ICT.

Untuk membaca atau mengundah Majalah ICT terbaru No.56-2017, silakan klik di sini atau copy link berikut http://www.majalahict.com/wp-content/uploads/woocommerce_uploads/2017/05/Majalah-ICT-No.56-2017.pdf ke browser Anda.

Selamat membaca, dan maju terus teknologi informasi dan komunikasi Indonesia.

Redaksi

 




Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *