Search
Selasa 22 Agustus 2017
  • :
  • :
cover-majalah-ict-no-57-2017-450x300

Majalah ICT Edisi No.57-2017

Pembaca Majalah ICT yang Budiman,

Pengguna internet Indonesia telah mencapai angka di atas 120 juta. Tentu angka yang tidak sedikit dan diyakini internet memiliki dampak signifikan untuk menentukan hitam putih negara ini. Namun, selain pemanfaatan secara positif, dalam kurun waktu terakhir, internet lewat media sosial memberikan dampak yang memprihatinkan. Berita bohong, ujaran kebencian, gosip, yang bahkan kemudian menimbulkan persekusi di kalangan masyarakat, hadir dan menjadi tamu yang tak diundang yang pada gilirannya bahkan dapat membahayakan kehidupan berbangsa dan bernegara. Pemanfaatan media sosial yang memprihatinkan inilah yang kami angkat sebagai laporan utama Majalah ICT No.57-2017. Ulasan ini kami kaitkan juga dengan adanya Fatwa Majelis Ulama Indonesia mengenai Pedoman Bermuamalah di Media Sosial.

Selain soal medsos, pada edisi kali ini kami informasi juga perkembangan terkini teknologi informasi dan komunikasi lainnya seperti diskursus mengenai rencana penerapan penyedia tunggal multiplekser yang akan dimasukkan dalam Revisi Undang-Undang Penyiaran, ramainya toko online di bulan Ramadan, ada juga bahasan mengenai posisi Indonesia yang masih tertinggal dalam kecepatan internet-nya di kawasan Asia Tenggara, serta Indonesia yang menjadi sasaran terparah kedua dalam serangan ransomware WannaCry beberapa waktu lalu. Tak ketinggalan adalah juga bahasan mengenai upaya pemerintah mendorong investasi sektor telekomunikasi dan informatika menyusul diresmikannya beberapa pabrik ponsel di sini sebagai upaya pemenuhan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN).

Sidang Pembaca. Melalui mimbar ini, kami sampaikan juga bahwa di akhir bulan lalu Majalah ICT hadir dalam perhelatan CommunicAsia di Singapura untuk lebih memperkenalkan dan meng-update perkembangan teknologi telekomunikasi, internet, bisnis digital dan penyiaran Indonesia, yang disebut-sebut akan tertinggi di kawasan pada 2020 mendatang. Terima kasih bagi para Pembaca semua yang berkesempatan mampir dan berdiskusi dengan kami di sana, termasuk juga para operator, akademisi, maupun regulator dari beberapa negara lain yang memiliki rasa ingin tahu, namun baru mendapatkan informasi mengenai ICT Indonesia secara lebih lengkap dan jernih lewat Majalah ICT.

Di bulan suci ini, izinkan kami mengucapkan Selamat Menjalankan Ibadah Puasa bagi kaum muslim Indonesia dimanapun berada, dan Selamat Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1438 H. Semoga toleransi menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari dan Indonesia menjadi lebih baik tanpa persekusi, gosip maupun ujaran kebencian dari penggunaan internet dan media sosial.

Untuk membaca/mengunduh Majalah ICT Edisi No.57-2017 silakan klik di sini atau Anda dapat mengkopi link berikut ke brower/peramban yang Anda gunakan http://www.majalahict.com/wp-content/uploads/2017/06/Majalah-ICT-No.57-2017.pdf  bilamana tautan tersebut tidak berfungsi dengan baik.

Maju terus teknologi informasi dan komunikasi Indonesia.

Redaksi




Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *