Search
Senin 23 Oktober 2017
  • :
  • :
cover-majalah-ict-no-58-2017-300x200

Majalah ICT Edisi No.58-2017

Sidang Pembaca Majalah ICT yang berbahagia,

Setelah libur panjang menyambut Hari Raya Idul Fitri, kami hadir kembali menemui Pembaca sekalian untuk menyajikan berita dan informasi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi Indonesia, baik dari sektor penyiaran, internet, e-bisnis serta telekomunikasi. Dan yang menjadi laporan utama edisi kali ini adalah mengenai bisnis transportasi online yang memasuki goncangan, setelah keluarnya aturan mengenai ‘persamaan’ antara taxi online dan taxi konvensional, baik dalam perizinan hingga pentarifan. Berakhirnya ‘bulan madu’ transportasi online ini juga mulai terlihat dari beberapa kali unjuk rasa yang dilakukan mitra pengemudi terhadap manajemen platform, atau bahkan kasus-kasus yang menerpa pengguna seperti hilangnya deposit yang disimpan dalam uang elektronik serta ada juga yang dikirimi makanan lewat fitur pesan makanan yang padahal ternyata tidak memesan makanan yang dikirimkan menggunakan transportasi online.

Isu lainnya yang juga kami elaborasi adalah kebijakan pemerintah untuk memblokir layanan pesan instan Telegram. Layanan Telegram dinilai kerap digunakan para terorir untuk berkomunikasi, khususnya dengan ISIS yang jauh berada di luar Indonesia. Pemblokiran menimbulkan pro dan kontra mengingat layanan Telegram ternyata juga banyak penggunanya di Indonesia, dan tentu menjadikan pertanyaan kenapa Telegram yang diblokir, atau mengapa hanya Telegram karena aplikasi pesan instan lainnya seperti WhatsApp juga diam-diam digunakan dalam gunakan komunikasi teror.

Selain soal Telegram, dalam edisi Majalah ICT No.48-2017 diketengahkan pula mengenai posisi Indonesia dalam Index Inovasi dunia, yang berada di posisi 87 dunia. Posisi yang cukup tertinggal dibanding negara-negara ASEAN lainnya. Vlog yang dibuat putra Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep, kami juga bahas tuntas dari soal video hingga kasusnya dihentikan pihak kepolisian.

Pembaca, kami hadir memang masih jauh dari sempurna. Sehingga, masukan, kritikan serta catatan yang bisa membuat majalah ini menjadi lebih baik dan bermutu selalu kami nantikan. Silakan kirimkan email ke redaksi@majalahict.com untuk berkomunikasi dengan kami, ataupun marketing@majalahict.com untuk Anda yang berhasrat untuk bekerja sama dengan Majalah ICT.

Untuk membaca Majalah ICT Edisi No.58-2017, silakan klik di sini.

Terima atas waktunya untuk terus membaca Majalah ICT dan maju terus teknologi informasi dan komunikasi Indonesia.

Redaksi




Tinggalkan Balasan