Search
Jumat 24 November 2017
  • :
  • :
cover-majalah-ict-59-450

Majalah ICT Edisi No.59-2017

Pembaca yang budiman,

Layanan aplikasi atau yang ngetop dengan sebuan OTT (over the top), tentu bukan barang baru di Indonesia. Keberadaannya telah hadir di sekitar bahkan sekitar 10 tahun yang lalu. Meski memang, layanan OTT begitu menyita perhatian publik sejak ramai-ramainya pembahasan uang yang mengalir di bisnis ini, baik dari iklan maupun nilai (value) perusahaan yang meningkat pesat seiring dengan peningkatan jumlah penggunanya. Dan sayangnya memang, hampir semua layanan OTT yang ada di Indonesia lebih banyak berasal dari luar Indonesia alias asing. Layanan OTT menembus batas negara, sehingga mampu menyedot sumber keuangan dari dalam negeri yang utamanya adalah iklan dan pasar penjualan. OTT asing yang tanpa kantor, tanpa membayar pajak dan tanpa perlu menempatkan pusat data di Indonesia, membuat OTT lokal harus berjuang ekstra keras untuk berkompetisi karena harus dibebankan kewajiban-kewajiban yang tidak dikenakan pada OTT asing. Sampai kemudian pemerintah menerbtkan Surat Edaran dan kini dalam proses untuk mengatur OTT ini lewat Peraturan Menteri Kominfo. Mencari Formula Mengatur Layanan OTT inilah yang kami angkat sebagai Laporan Utama Majalah ICT No.59-2017.

Ada begitu banyak peristiwa terkait tekonologi informasi dan komunikasi Indonesia dalam satu bulan terakhir ini. Namun memang tidak semuanya dapat kami ulas di Majalah kesayangan Anda ini. Hanya informasi yang kami anggap penting dan menariklah yang kami sajikan ke hadapan Anda saat ini. Termasuk adalah informasi terakhir mengenai pembangunan jalan tol informasi Palapa Ring, dimana untuk wilayah Barat telah memasuki tahap pembangunan segmen laut. Ada juga kami ketengahkan mengenai upaya pemerintah untuk mengevaluasi Daftar Negatif Investasi yang mana di dalamnya mengatur batasan investasi asing untuk usaha e-commerce dan telekomunikasi.

Kami juga sampaikan mengenai keberhasilan pemerintah dalam menyelamatkan slot orbit Satelit Palapa 146E, upaya Google untuk memberikan pelatihan Gapura (Gerakan Pelatihan Usaha Rakyat) Digital untuk memberdayakan UKM, serta yang tak kalah penting adalah diterbitkannya Peraturan Presiden Nomor: 74 Tahun 2017 tentang Peta Jalan Sistem Perdagangan Nasional Berbasis Elektronik (Road Map e-Commerce) Tahun 2017-2019.

Untuk membaca Majalah ICT No.59-2017 silakan klik di sini. Selamat membaca dan tetap terus sampaikan kritik, saran dan tulisan Anda melalui email Redaksi Majalah ICT di redaksi@majalahict.com.

Maju terus sektor teknologi informasi dan komunikasi Indonesia. Merdeka.

 




Tinggalkan Balasan