Search
Jumat 27 November 2020
  • :
  • :

Mantan Dirut IM2 Resmi Ajukan Banding dan Minta Sidang Terbuka

MAJALAH ICT – Jakarta. Mantan Direktur Utama PT Indosat Mega Media (IM2), Indar Atmanto, resmi mengajukan memori banding ke Pengadilan Tinggi (PT), Jakarta atas vonis bersalah hakim Pengadilan Tipikor pada Juli lalu. Demikian disampaikan Pengacara Indar, Luhut MP Pangaribuan.

Namun, Luhut meminta agar hakim menggelar sidang terbuka dan disaksikan masyarakat. Walapun jarang dipraktikkan, menurut Luhut, namun cara ini sudah sesuai dengan hukum acara. "Dengan dibukanya sidang kembali, masyarakat bisa menilai karena melihat proses peradilan yang adil dan transparan. Ini menjadi penting karena di persidangan Tipikor keterangan mereka sama sekali tidak didengar," ungkap Luhut.

Menurut Luhut, dalam memori banding itu, Luhut menjabarkan ada dua poin penting yang disampaikan kepada hakim. Yaitu, terkait dengan aspek materiil, yakni tidak ada unsur korupsi dalam kerjasama jaringan Indosat-IM2 dan aspek formil yakni, hakim pengadilan Tipikor tidak berwenang memeriksa perkara ini karena ini menyangkut permasalahan hukum administrasi negara bukan korupsi.

Karena itu, Luhut meminta putusan hakim pengadilan Tipikor atas Indar dibatalkan dan meminta hakim pengadilan tinggi menyatakan hakim Tipikor tidak berwenangan memeriksa perkara kasus administrasi negara. 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *