Search
Rabu 28 September 2022
  • :
  • :

MediaTek Meluncurkan Cipset Pentonic 700 untuk Smart TV Premium 4K 120 Hz

MAJALAH ICT – Jakarta. MediaTek hari ini mengumumkan Pentonic 700, system-on-chip (SoC) smart TV yang dilengkapi mesin pemrosesan AI yang powerful untuk TV premium 4K 120Hz. Dengan peningkatan kualitas gambar yang didukung AI, dukungan Dolby Vision IQ dengan Precision Detail, 4K120 MEMC dan TCON terintegrasi, dan optimalisasi gaming, Pentonic 700 akan menjadikan merek TV global memberikan pengalaman menonton secara komplit bagi konsumen.

“Seri Pentonic MediaTek ini menyajikan lebih banyak kecerdasan pada smartTV dengan sejumlah peningkatan kualitas gambar yang didukung AI,” kata Alex Chen, General Manager of the TV Business Unit di MediaTek. “Para merek smart TV dapat mengandalkan Pentonic 700 untuk menghadirkan pengalaman mengesankan dan luar biasa bagi penonton video atau olahraga, bermain game, atau memanfaatkan TV sebagai pusat kendali untuk perangkat pintar lainnya.”

Unit pemrosesan AI (APU) terintegrasi Pentonic 700 juga mendukung teknologi MediaTek, seperti AI-Super Resolution, AI-Picture Quality (AI-PQ) Scene Recognition, dan AI-PQ Object Recognition yang berfungsi untuk menghaluskan dan rekonstruksi detail. Adanya Dolby Vision IQ with Precision Detail juga kian menambah kualitas gambar, yaitu dengan meningkatkan kontras di titik terang dan gelap pada gambar yang tajam.

Smart TV yang didukung Pentonic 700 juga dapat menampilkan konten dari berbagai sumber di layer TV dengan dukungan Picture-by-Picture (PBP) dan Picture-in-Picture (PIP) dengan peningkatan PQ. Saat digunakan pengguna rumahan, teknologi ini memudahkan pengguna melakukan streaming acara olahraga yang berbeda secara bersamaan atau melakukan obrolan video dengan teman dan keluarga sambal menonton konten bersama. Sementara saat di kantor, kemampuan fitur ini memberikan lebih banyak pilihan konferensi video dan memudahkan TV menampilkan konten streaming yang berbeda secara bersamaan.

Pentonic 700 memang dirancang untuk smartTV 120Hz, tapi juga mendukung kecepatan refresh variable (VRR) hingga 144Hz untuk memberikan produsen TV kemampuan menyesuaikan produk untuk aplikasi game. Di sinilah, pemain game dapat memainkan permainan tanpa gangguan tersendat pada layar. Sementara itu, optimalisasi lain untuk gameplay, seperti HDMI 2.1 Auto Low Latency Mode (ALLM) membantu untuk meminimalkan jeda tampilan dan teknologi Dolby Atmos menyuguhkan suara yang imersif.

Spesifikasi utama MediaTek Pentonic 700 meliputi dukungan resolusi hingga 4K pada 120Hz dan mampu VRR hingga 4K pada 144Hz untuk aplikasi game. Dolby Vision IQ with Precision Detail memberikan detail yang lebih baik berupa tekstur dan kedalaman gambar. Teknologi HDR10+ Adaptive memberikan pengalaman pengguna menonton berdasarkan kondisi pencahayaan ruangan.

AI-PQ Scene Recognition 2.0 MediaTek memberikan pengoptimalan setelan kualitas gambar secara otomatis. AI-PQ Object Recognition 2.5 MediaTek meningkatkan kedalaman tampilan dengan menerapkan ketajaman, kontras, dan warna yang berbeda antara latar depan dan latar belakang. Mesin decoding video perangkat keras built-in mampu mendukung standar HEVC, AV1 dan AVS3, bersama dengan standar terbaru VVC (H.266), sebagai dukungan persyaratan termutakhir bagi penyedia penyiaran dan streaming. AI-Super Resolution 2.0 MediaTek memberikan penghalusan edge dan rekonstruksi detail.
Mendukung fitur asisten suara terbaru dan manajemen perangkat rumah pintar.

Dengan desain yang terintegrasi, cip ini menghemat daya dan mengurangi biaya bill of material (BOM)—konsekuensi dari ini adalah mempercepat waktu produsen perangkat untuk segera terjun ke pasar. Produsen juga bisa menambahkan solusi konektivitas nirkabel Filogic Wi-Fi 6, Wi-Fi 6E, atau Wi-Fi 7 MediaTek untuk menghadirkan konektivitas 4K yang sangat cepat dan andal pada smartTV. Tentu saja, ini menjamin latensi rendah saat pengalaman streaming dan cloud gaming.

Pentonic 700 dijadwalkan segera melengkapi daya kemampuan smart TV 4K arus utama sebagai bagian dari keluarga cipset Pentonic MediaTek. Melalui seri terbaru ini, MediaTek menawarkan kepada produsen perangkat berbagai opsi untuk TV premium, high-end, dan mass market sehingga bisa memenuhi kebutuhan pasar yang berbeda. Smart TV yang ditenagai oleh Pentonic 700 tersebut diharapkan bisa diluncurkan pada kuartal keempat 2022.

 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *