Search
Minggu 27 September 2020
  • :
  • :

Menanti BlackBerry BBM kan Android Indonesia

MAJALAH ICT – Jakarta. Tak terasa, BlackBerry sudah hadir di Indonesia selama 9 tahun, dan selama itu lah Indonesia banyak mendapatkan berbagai prioritas dari vendor Kanada tersebut bahkan dibandingkan India, Malaysia, atau Singapura sekalipun yang sebenarnya lebih maju perkembangan mobile lifestyle-nya. Wajar saja, karena berkat ‘jasa’ Indonesia juga lah, BlackBerry begitu meroket

dan sempat duduk di singgasana smartphone nasional selama beberapa tahun. Setelah merilis seri Bold pada Agustus 2008, BlackBerry makin tak tertahankan dominasinya. RIM langsung menguasai pasar smartphone di Indonesia hingga 90 persen. BlackBerry mulai meredup sejak 2012, saat ponsel berbasis Android mulai menemukan pasarnya di Indonesia dan berkembang pesat karena didukung dengan gadget yang murah dan kaya fitur atau layanan.

Apalagi, setelah BlackBerry melepas BIS dan menanggalkan BBM dari eksklusivitasnya, BlackBerry makin terombang-ambing.

""Sungguh sangat disayangkan, BlackBerry yang semula merupakan platform teknologi mulai dari handset, pemilik aplikasi instant messaging nomor satu, dan beroperasi layaknya internet service provider (ISP) lewat BlackBerry Internet Service (BIS) kini harus rela melepas semuanya.

Pertama, vendor asal Kanada tersebut melepas BIS sehingga BlackBerry yang semula merupakan smartphone lengkap dengan fasilitas internet yang terintegrasi di dalamnya berubah dan turun pangkat menjadi hanya seperti smartphone biasa.

Dan kini, BlackBerry telah turun pangkat dengan hanya menjadi OTT atau over the top, yaitu aplikasi asing yang berjalan di atas jaringan operator telekomunikasi di Indonesia seperti Whatsapp, Facebook, Twitter, dan lainnya.

Itu pun, bila divisi handset- nya sudah laku terjual dan berpindah tangan ke vendor lain. Bila tidak, maka vendor penyedia handset tersebut bakal mati secara perlahan.

BlackBerry untuk Android dan iOS di Google Play dan iTunes App Store dari waktu semula pada 21 September untuk Android dan 22 September untuk iOS.

Untuk sementara, BlackBerry menyarankan untuk melakukan registrasi di situs mereka, www.BBM. com, sekaligus mengunduh aplikasi tersebut di website itu. Mereka juga belum menjelaskan kapan akan merilis BBM untuk Android dan iOS.

Namun, kabar terakhir menyatakan pihak BlackBerry mengatakan bahwa mereka akan menunda sementara perilisan aplikasi

“Tim kita bekerja keras dalam pembuatan sekaligus merilis BBM untuk Android dan iOS, akan tetapi kita akan benar-benar merilisnya ketika kita sudah siap. Kita,” jelas pihak BlackBerry dalam blog resminya.

Loading...




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *