Search
Jumat 6 Desember 2019
  • :
  • :

Menata 3G Pasca Seleksi Blok Tambahan (2)

MAJALAH ICT – JAkarta. Penataan blok 3G bukan pekerjaan mudah, setidaknya mudah secara teori menempatkan operator tertentu di blok tertentu, tapi perlu memperhatikan kondisi operator 3G secara menyeluruh. Kuncinya jelas, alokasi masing-masing operator, baik yang 3 blok maupun 2 blok harus contigous (berdampingan), pemindahan harus dilakukan dengan seminimal mungkin perpindahan dan operator.

 

Dari berbagai opsi yang ada, ada dua opsi terbaik yang bisa dipilih, dengan sedikit operator yang dipindah dan memperhatikan blok-blok operator harus berdampingan, yang dapat dilihat dari gambar di bawah. Pertimbangan lainnya adalah tentunya operator terakhir yang mendapatkan blok tambahan diharuskan membayar BHP frekuensi yang jauh lebih mahal, sekitar 60% dibanding harga blok ke-2 yang hanya Rp.160 milyar.

 

 ""

 

Sebelum memilih opsi 1 atau 2, terutama bagi operator yang akan dipindah kedua bloknya di 11 dan 12, perlu dipertimbangan besaran dari trafik dari operator. Sedapat mungkin, yang pindah penuh adalah operator yang memiliki trafik lebih sedikit.

Loading...




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *