Search
Minggu 27 November 2022
  • :
  • :

Menkominfo Pastikan Fasilitas Media Center Siap Layani Wartawan

MAJALAH ICT – Jakarta. Menjelang Konferensi Tingkat Tinggi Presidensi G20 Indonesia 2022 yang berlangsung tangal 15 s.d. 16 November 2022, Pemerintah terus memastikan kesiapan fasilitas dan sarana pendukung. Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan fasilitas Media Center telah rampung dan siap untuk melayani wartawan dari dalam dan luar negeri.

“Media Center sudah semakin siap. Mudah-mudahan mulai hari ini sudah full speed baik dari transmisi telekomunikasinya, perangkat peralatannya, ujicoba siaran dan beberapa spot semuanya sudah jalan,” ujarnya saat mengunjungi Media Center KTT G20 di Bali International Convention Center Nusa Dua, Badung, Bali, Senin (14/11/2022).

Menurut Menteri Johnny, semua fasilitas disediakan untuk memberikan kenyamanan bagi wartawan dalam meliput KTT G20 secara real time dilengkapi spot untuk siaran yang makin banyak dan bervariasi. Bahkan Menkominfo menegaskan kecepatan transmisi layanan telekomunikasi menjadi perhatian serius Tim Media Center KTT G20.

“Ada dua hal yang diperhatikan yang pertama kecepatan atau speed dan kenyamanan layanan, yang kedua keamanan dari serangan-serangan termasuk (potensi) serangan siber,” jelasnya.

Menkominfo menjelaskan sudah menyiapkan dukungan layanan internet kabel serat optik dengan kapasitas 2×10 GB. Selain itu, disediakan total 192 komputer dan 192 kabel LAN serta fasilitas siaran langsung realtime dari lokasi KTT G20.

“Sekarang kan era digital, tidak usah lagi secara fisik mengejar-ngejar di lapangan (mempertimbangkan sistem keamanan selama KTT G20). Jadi bisa disajikan dari media center yang sama juga,” ungkapnya.

Menteri Johnny menyatakan Kementerian Kominfo juga telah melakukan koordinasi dengan kementerian dan lembaga terkait untuk terus melakukan pengawasan dan pengendalian ketika terjadi kendala teknis berkaitan dengan pelaksanaan KTT G20.

“Untuk antisipasi serangan sibernya BSSN sudah menyampaikan. Tentu koordinasi BSSN, Kominfo, Polri dan semua sistem dan instrumen yang ada di pemerintah semuanya digerakkan dan dilakukan koordinasinya,” tandasnya.

Menkominfo berharap dengan agar wartawan media nasional maupun media asing dapat memanfaatkan Media Center KTT G20 dengan optimal.

“Intinya sekarang sudah siap untuk melayani kebutuhan media dalam rangka pemberitaan dan transmisi informasi dari KTT G20 kepada masyarakat di setiap negara Anggota G20 dan untuk dunia. Mudah-mudahan semuanya berjalan dengan baik, namun apabila ada saran dan koreksi disampaikan dengan cepat agar kita bisa langsung antisipasi dan melakukan koreksi,” tegasnya.

Saat meninjau Media Center KTT G20, Menkominfo Johnny G. Plate didampingi Sekretaris Jenderal Mira Tayyiba, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Usman Kansong, dan Staf Khusus Menteri Kominfo Rosarita Niken Widiastuti.

 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *