Search
Rabu 29 Juni 2022
  • :
  • :

Menkominfo Terima Kunjungan Menteri Korea Selatan Bahas Proyek Pusat Data Nasional

MAJALAH ICT – Jakarta. Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate membuka kemungkinan kemitraan fasilitas pusat data dengan Korea Selatan. Peluang tersebut menjadi salah satu topik bahasan Menkominfo dengan Menteri Dalam Negeri dan Keamanan Korea Selatan Lee Sang Min di Jakarta. Selain aspek pengembangan fasilitas, kedua negara juga mencari rancangan pembiayaan proyek pusat data tersebut.

Adapun lokasi potensial bagi pelaksanaan proyek pusat data berbasis kemitraan itu, menurut Menkominfo terletak di wilayah Batam, Kepulauan Riau. Calon lokasi pembangunan Pusat Data Nasional di Batam nanti, memiliki luas tanah hampir 5 hektare. Menkominfo juga sudah meninjau langsung bidang tanah yang dimaksud, serta mempertimbangkan alasan lain dalam pemilihan lahan itu.

“Batam ini adalah kawasan industri dan saya sudah memeriksa spesifikasi calon lokasi pada April 2021, yang saat itu sudah ada sambungan fiber optic. Saya bersama dengan tim teknis akan ke Batam untuk berbicara dengan pemerintah daerah setempat demi mewujudkan pengadaan Pusat Data Nasional di Indonesia,” kata Menkominfo.

Kemitraan untuk membangun pusat data dengan Korea Selatan, menurut Menkominfo, selaras dengan upaya percepatan transformasi digital yang dicanangkan Presiden RI Joko Widodo. Selain itu, adanya pengembangan pusat data nasional, mendorong terjadinya implementasi penyelenggaraan pemerintahan elektronik di Ibu Kota Nusantara nantinya.

 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *