Search
Rabu 8 April 2020
  • :
  • :

Meski Tidak Berpengaruh, LPPMI Harapkan Kominfo Umumkan Skor Hasil Seleksi 3G

MAJALAH ICT – Jakarta. Walaupun peringkat 1 dan peringkat 2 dari hasil seleksi blok tambahan 3G, Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat Informasi mengharapkan agar Kementerian Komunikasi dan Informatika membuka skor akhir penilaian hasil seleksi 3G.

Demikian diungkap Direktur LPPMI, Kamilov Sagala. Menurut Kamilov, pengumuman peringkat dalam seleksi apapun biasanya dibarengi dengan hasil akhir yang dicapai dari masing-masing peserta seleksi. "Walapun pada akhirnya peringkat yang terkait dengan alokasi blok 11 atau 12 tidak berpengaruh karena kemudian akan ditata ulang secara menyeluruh, demi keterbukaan informasi publik sesuai amanat UU. No. 14/2008, baiknya juga disampaikan skor akhir masing-masing operator," kata Kamilov. 

Dijelaskannya, memang dalam kasus seleksi ini menyisakan hanya dua operator, sehingga dua-duanya dipastikan dapat masing-masing satu blok 5 MHz. "Dari hasil skor terakhir, masyarakat akan bisa mengetahui, pertarungan dua operator ini hingga sepuluh tahun ke depan," ujar Kamilov.

Sebagaimana diketahui, kemarin malam Kementerian Komunikasi dan Informatika akhirnya mengumumkan hasil seleksi blok tambahan 3G. Seperti disampaikan dalam siaran pers Kementerian, didapat hasil bahwa Telkomsel menempati peringkat pertama dan XL Axiata menempati peringkat kedua. Dan karena hanya ada dua operator di sisa seleksi, maka keduanya akan mendapat tambahan blok masing-masing satu blok sebesar 5MHz FDD.

Menurut Kepala Pusat Informasi dan Humas KemKominfo, Gatot S. Dewa Broto setelah Tim Seleksi melakukan evaluasi administrasi, dimana yang berhak mengikuti tahap berikutnya untuk evaluasi teknis, manajemen finansial dan kepatuhan regulasi hanya PT XL Axiata dan PT Telkomsel. Sedangkan PT Indosat tidak lolos evaluasi administrasi. "Adapun hasil seleksi ini berdasarkan peringkatnya adalah Peringkat pertama PT Telekomunikasi Selular,  peringkat kedua PT XL Axiata, Tbk," ungkap Gatot dari Barcelona, Spanyol.

Setelah ini, dijelaskan Gatot, sesuai jadwal, Tim Seleksi memberi kesempatan masa sanggah kepada pihak-pihak (peserta seleksi) yang merasa keberatan dengan hasil seleksi ini, yaitu pada tanggal 26 hingga 27 Pebruari 2013. "Jika tidak ada perubahan yang berarti, maka hasil seleksi ini akan ditetapkan oleh Menteri Kominfo pada tanggal 5 Maret 2013," ujarnya.

Sebagaimana diatur dalam Pasal 23 ayat (2) Peraturan Menteri Kominfo No. 43 Tahun 2012, maka pemenang seleksi yang menduduki peringkat pertama hasil seleksi akan mendapatkan rentang frekuensi radio 1970-1975 MHz berpasangan dengan 2160-2165 MHz (blok 11) dan peringkat kedua hasil seleksi akan mendapatkan frekuensi radio 1975-1980 MHz berpasangan dengan 2165-2170 MHz (blok 12). Setelah penetapan, akan dilanjutkan dengan penataan menyeluruh terhadap rentang frekuensi 2,1 GHz yang dipakai untuk 3G.

Loading...




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *