Search
Jumat 27 November 2020
  • :
  • :

Messi Dongkrak Penggunaan WeChat

MAJALAH ICT – Jakarta. Aplikasi pesan instan (instant messaging) kian digemari dan pertarungan antarpenyedia juga makin ramai. Salah satu yang siap bertarung adalah WeChat. Aplikasi buatan Cina ini hingga kini penggunanya telah mencapai 300 jutaan di seluruh dunia. Dan salah satu faktor keberhasilan mereka adalah dengan menggaet Bintang Sepak Bola rgentina, Lionel Messi.

Messi dijadikan brand Ambassador Wechat di luar Cina. Hal ini bertujuan untuk menambah jumlah pengguna di luar Cina yang saat ini mencapai 100 juta. Menurut rencana, iklan TV yang dibintangi bintang pesepak bola asal Argentina itu akan disiarkan di 15 negara. Hal ini untuk mendukung target WeChat memiliki  400 juta pengguna di seluruh dunia pada akhir tahun 2013 ini.

Menurut Presiden Tencent, pembuat WeChat, Martin Lau mengatakan, pasar utama WeChat di luar Cina, yakni India, Malaysia, Indonesia, dan Singapura. Kendati demikian, pada Juli lalu, aplikasi tersebut paling banyak banyak diunduh oleh pengguna di Argentina, Brasil, Italia, Singapura, Spanyol, Afrika Selatan, Thailand, dan Turki. Dalam waktu setahun terakhir ini, pengguna aplikasi tersebut telah meningkat hampir tiga kali lipat dari 85,2 juta.

Sebagai peraih penghargaan Ballon d’Or selama empat tahun berturut-turut, Messi telah mencatat namanya sebagai salah satu tokoh paling andal di sejarah sepak bola. Kini, Messi memperpanjang daftar pencapaiannya dengan berkolaborasi dengan WeChat.

WeChat juga akan meningkatkan pelayanannya di pasar lokal dengan bantuan salah satu operator selular, PT. XL Axiata. Menyambut datangnya Ramadhan, kedua perusahaan tersebut menjalin kerja sama untuk menghasilkan program paket data gratis untuk seluruh pelanggan XL yang menggunakan WeChat. Pelanggan XL dapat mendapatkan manfaat maksimal dari WeChat sekaligus tetap terhubung dengan teman dan kerabat sambil menunggu waktu buka puasa, tanpa harus khawatir paket data internet mereka akan habis.

WeChat pertama diperkenalkan di Indonesia melalui joint venture di antara MNC dan Tencent pada 28 Februari 2013. Acara ini juga menandai peluncuran iklan TV komersial WeChat yang dibintangi Gisele. Setelah peluncuran tersebut, antusiasme khalayak terhada aplikasi ini semakin meningkat. WeChat menduduki posisi teratas di antara aplikasi di AppStore dan GooglePlay sekaligus selama beberapa minggu, membuktikan betapa banyaknya jumlah pengguna aplikasi tersebut di Indonesia. Di dunia internasional, Weixin, nama lain WeChat di China, telah meraih lebih dari 300 juta pengguna terdaftar di dunia, sementara di luar negara asalnya aplikasi ini berhasil merangkul lebih dari 70 juta pengguna. Dengan semakin bertumbuhnya fanbase WeChat, Lionel Messi pun ikut serta untuk memukau pengguna WeChat lewat gerakan khasnya di dalam iklan terbaru WeChat. 

David Audy, chief executive officer MNC Tencent, mengemukakan pendapatnya mengenai kolaborasi ini. "Sungguh merupakan sebuah kehormatan bagi kami untuk dapat bekerja sama dengan Lionel Messi. Reputasi Lionel Messi sebagai salah satu bintang sepak bola paling bersinar sudah jelas terbukti, apalagi melihat betapa banyak penggemarnya saat ini. Messi juga mempunyai karisma kuat dan keterampilan yang luar biasa. Bersama kami dapat menghasilkan sebuah sinergi unik yang hasil perpaduan dari keahlian kami masing-masing,” katanya.




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *