Search
Selasa 17 September 2019
  • :
  • :

Modalku Luncurkan Modal Pasar, Produk Pembiayaan untuk Dukung Pedagang Pasar

MAJALAH ICT – Jakarta. Modalku mengumumkan peluncuran Modal Pasar, layanan pembiayaan yang diperuntukkan bagi pedagang-pedagang pasar lokal. Dengan Modal Pasar, pedagang bisa mendapatkan pinjaman usaha hingga Rp 25 juta tanpa agunan dengan tenor singkat yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan peminjam. Tujuan utama Modal Pasar adalah sebagai solusi arus kas bagi para pedagang.

Modalku terus berkomitmen ke visinya mendukung inklusi keuangan di Indonesia. Dimulai tahun 2019, visi tersebut diwujudkan secara nyata dengan perluasan cakupan pembiayaan Modalku ke segmen mikro. Selain melayani pedagang mikro dan warung, Modalku mulai melakukan penetrasi ke pedagang pasar yang jumlahnya signifikan dan berpotensi untuk berkembang. Modal Pasar mulai dites dan dijalankan Modalku sejak April 2019, di mana anggota tim secara langsung memberi edukasi bagi para pedagang di pasar-pasar tradisional Jakarta.

Sama seperti usaha-usaha mikro lainnya, tantangan keuangan utama yang dihadapi pedagang pasar adalah arus kas macet. Terutama bagi pedagang pasar yang selalu membutuhkan stok barang, arus kas usaha harus selalu lancar. Struktur Modal Pasar memungkinkan pembayaran cicilan per minggu untuk memudahkan pedagang. Anggota tim Modalku yang datang langsung ke pasar pun siap melayani pedagang apabila mereka memiliki pertanyaan atau menemukan kesulitan.

Sigit Aryo Tejo, selaku Head of Micro Business & Operations Modalku, berkata, “Setiap pelaku UMKM memiliki kesempatan yang sama untuk berkembang. Ini berlaku juga bagi pedagang pasar. Bahkan dengan keberadaan pasar modern dan supermarket, juga kemajuan pesat platform e-commerce, pasar tradisional masih memiliki peran penting bagi ekonomi nasional. Menurut Badan Pusat Statistik, jumlah pasar tradisional di Indonesia pada akhir tahun 2018 adalah lebih dari 14.000 pasar atau 88,52% dari semua pasar Indonesia. Jelas bahwa pasar tradisional masih mendominasi hidup masyarakat, sedangkan banyak pedagang pasar yang memiliki performa finansial baik dan berpotensi berkembang. Modal Pasar dapat menjadi solusi pendanaan bagi para pedagang dalam mengembangkan pasarnya sebab prosesnya cepat dan tidak repot. Cicilannya juga ringan.”

Ibu Suwarti, salah satu pedagang yang merupakan peminjam Modal Pasar, menceritakan bahwa hidup pedagang pasar banyak jatuh bangun sehingga butuh konsistensi. Pendanaan dari Modal Pasar sangat membantunya karena menambah modal usaha berdagang tanpa harus melewati persyaratan yang rumit. Ia mendaftar setelah tim Modalku menjelaskan secara langsung mengenai produknya. Ibu Suwarti merasa tertarik dengan pembayaran setoran yang dilakukan per minggu. “Pelayanan dari Modalku bagus dan ramah. Lalu prosesnya cepat dan persyaratannya tidak membebani. Saya juga dimudahkan karena pinjaman Modal Pasar tidak memerlukan agunan,” katanya.

Saat ini, operasional Modal Pasar masih fokus ke pasar tradisional Jakarta. Tim Modalku juga masih melanjutkan usaha edukasi di pasar-pasar Jakarta. Ke depannya, Modalku berharap dapat melakukan ekspansi layanan ke kota-kota lain.

Modalku menyediakan layanan peer-to-peer (P2P) lending, di mana peminjam (UMKM yang berpotensi) bisa mendapatkan pinjaman modal usaha tanpa agunan hingga Rp 2 miliar yang didanai oleh pemberi pinjaman platform (individu atau institusi yang mencari alternatif investasi) melalui pasar digital. Hingga Agustus 2019, Modalku telah menyalurkan modal usaha lebih dari Rp 8 triliun ke sekitar 900 ribu pinjaman UMKM di Asia Tenggara. Di Asia Tenggara, Modalku beroperasi di Indonesia, juga di Singapura dan Malaysia di bawah nama Funding Societies | Modalku.

 

Loading...




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *