Search
Senin 21 Oktober 2019
  • :
  • :

Optimalkan Teknologi E-Learning untuk Modernisasi Universitas Islam Negeri

MAJALAH ICT – Jakarta. Untuk meningkatkan kualitas pendidikan tingkat tinggi Islam di Indonesia, Pemerintah belum lama ini telah meningkatkan status Institut Agama Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten menjadi Universitas Islam Negeri.

“Untuk itu, kenaikan status ini harus didukung dengan modernisasi fasilitas pendidikan melalui teknologi E-Learning agar lulusan UIN berkualitas internasional,” ujar Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur memberikan pengarahan kepada para 476 Wisudawan Sarjana dan Pasca Sarjana Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin (UIN SMH) Banten Tahun Akademik 2016/2017 di Auditorium UIN Banten (Sabtu, 20/5).

Dalam situasi global saat ini, lanjut Menteri Asman, Indonesia harus bisa menghadapi persaingan ekonomi dan pembangunan dengan negara-negara maju lainnya. “Kita harus bisa memenangkan persaingan global, tingkatkan investasi dengan meraih kepercayaan dunia. Hal ini bisa kita dapatkan jika memiliki SDM berpendidikan yang memiliki kompetensi dan kualifikasi tinggi,” tegas MenPANRB.

Oleh karena itu, untuk mewujudkan generasi muda Indonesia yang berdaya saing internasional, Menteri Asman meminta pihak UIN Banten untuk melakukan modernisasi fasilitas sarana dan sarana pendidikan. “Dengan jumlah area seluas 23 hektar yang dimiliki UIN SMH Banten, pihak rektorat harus merestorasi sarana dan prasarana kampus ini menjadi bangunan modern, tentunya hal ini pun harus didukung oleh pihak Pemprov Banten,” ujar MenPANRB.

Lebih lanjut lagi, Menteri Asman juga menyatakan, modernisasi ini harus dibarengi dengan mengoptimalkan teknologi dalam program dan kurikulum pelajaran, salah satunya dengan metode E-Learning, sehingga seluruh mahasiswa lulusan UIN memiliki teknik dan kemampuan mumpuni agar bisa memajukan Indonesia menjadi salah satu negara adidaya di masa depan. Tentunya tetap dengan menjadikan nilai Islam sebagai dasar pendidikan bagi mahasiswa UIN.

Pada kesempatan ini, Rektor UIN SMH Banten Fauzul Iman memberikan apresiasi sebesar-besarnya atas kepercayaan Menteri PANRB yang telah menyetujui kenaikan status IAIN SMH Banten menjadi UIN. Ia menyatakan bahwa pihak rektorat akan memberikan komitmen tinggi dalam memberikan program pendidikan serta fasilitas yang modern dan berkualitas bagi mahasiswa yang menuntut ilmu di UIN SMH Banten.

 

Loading...




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *