Search
Minggu 5 April 2020
  • :
  • :

Pelindo 1 Siap Menjadi Market Leader dengan Terapkan IT Based Services Company

MAJALAH ICT – Jakarta. PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 menggelar Rapat Dinas tahun 2017 pada tanggal 16–18 Februari 2017, di Pematang Siantar. Rapat Dinas Pelindo 1 ini mengusung tema “Dengan Komitmen Sebagai IT Based Services Company (Implementasi ERP, SSU dan Migrasi TOS), Kita Wujudkan Pelindo 1 Menjadi Market Leader di Bisnis Kepelabuhanan dan Logistik di Indonesia”.

Dalam sambutannya, Komisaris Utama Pelindo 1, M. Nawawiy Loebis mengatakan untuk menghadapi dan menjawab tantangan perekonomian global saat ini, Pelindo 1 tidak bisa hanya mengelola bisnis captive market saja, namun diperlukan pengembangan dan kerjasama bisnis strategis. “Untuk itu, Pelindo 1 diharapkan tetap melanjutkan kebijakan diversification strategy bisnis secara inovatif dan kreatif,” ujar Nawawiy.

Implementasi system TI, baik ERP (Enterprise Resource Program), SSU (Shared Services Unit), maupun TOS (Terminal Operating System), secara terintegrasi dan terautomatisasi dipandang sebagai langkah cerdas dan tepat dalam menghadapi persaingan bisnis saat ini. Melalui ERP, semua proses bisnis yang berhubungan dengan aspek operasional, produksi, maupun distribusi di perusahaan dapat diintegrasikan dan terautomatisasi sehingga proses bisnis menjadi lebih efektif dan efisien. Melalui implemetasi SSU, layanan kepada masing-masing unit dapat tercipta berdasarkan standar yang telah ditetapkan, dan melalui implementasi TOS diharapkan mampu mengelola arus petikemas sehingga diperoleh efisiensi proses bongkar muat.

Direktur Utama Pelindo 1, Bambang Eka Cahyana dalam arahannya menjelaskan bahwa program strategis Pelindo 1 selama tahun 2017 meliputi 4 (empat) bidang, yaitu Teknologi Informasi (TI), Governance, SDM, Organisasi & Aset dan Operasi & Bisnis. “Pelindo 1 akan melakukan migrasi TOS Terminal Petikemas, Implementasi ERP secara Big Bang, Implementasi SSU, Operational Improvement TPK Belawan, SOP Improvement, pemanduan Selat Malaka dan ekspansi bisnis dan lain-lain,” jelas Bambang.

“Dengan diterapkannya IT Based Services Company (Impelementasi ERP, SSU, dan Migrasi TOS), diharapkan kegiatan operasional lebih efektif dan efisien sehingga perusahaan memiliki daya saing dengan kompetitor dan mampu membawa Pelindo 1 menjadi Market Leader di bisnis Kepelabuhanan dan Logistik di Indonesia,” tegas Bambang.

Sementara ACS Humas Pelindo 1, Fiona Sari Utami menambahkan bahwa Rapat Dinas ini berlangsung selama 3 hari, yang diisi dengan focus group discussion, seminar dan Pelatihan Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan di RINDAM I/Bukit Barisan, Siantar. “Radin 2017 ini diikuti oleh seluruh General Manager Cabang Pelabuhan yang ada di lingkungan kerja Pelindo 1, Direktur Anak Perusahaan, Kepala Unit Usaha, Kepala Rumah Sakit dan para pejabat struktural Pelindo 1,” jelas Fiona.

 

Loading...




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *