Search
Senin 26 Agustus 2019
  • :
  • :

Pemprov DKI Jakarta Sediakan Perpustakaan Digital “i-Jakarta”

MAJALAH ICT – Jakarta. Pemerintah Propinsi DKI Jakarta menyediakan layanan perpustakaan digital. Layanan yang diberinama i-Jakarta ini disebut sebagai perpustakaan digital pertama di Indonesia yang dilengkapi dengan ruangan khusus untuk para operatornya atau i-Jakarta Center.

Dijelaskan Kepala BPAD DKI Jakarta, Tinia Budiati mengatakan, i-Jakarta merupakan perpustakaan digital pertama di Indonesia.I-Jakarta sudah diluncurkan pada Juni 2015 lalu. Namun baru hari ini memiliki ruangan khusus bagi operatornya. Aplikasi i-Jakarta ini dapat diunduh melalui operating sistem android, IOS dan desktop.

“Kita sebagai provinsi pertama di Indonesia yang memiliki perpustakaan digital. Pengguna aplikasi i-Jakarta ini juga dapat membaca, menulis dan berbagi dalam aplikasi ini,” kata Tinia saat peresmian pusat perpustakaan digital atau i-Jakarta Center di gedung BPAD DKI, Jalan Perintis Kemerdekaan Raya, Jakarta Timur. Memang i-Jakarta sudah diluncurkan pada Juni 2015 lalu, namun baru memiliki ruangan khusus bagi operatornya. Aplikasi i-Jakarta ini dapat diunduh melalui operating sistem android, IOS dan desktop.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengembangan dan Sistem Informasi BPAD DKI, Tonny Baqo menjelaskan, jumlah pengunduh i-Jakarta sudah mencapai 155.685 pengunduh. Adapun jumlah buku digital yang ada sebanyak 4.149 judul buku digital. Sedangkan jumlah copy buku digital mencapai 12.977. “Setiap hari rata-rata ada 3.000 buku digital yang dipinjam orang. Diharapkan ini dapat menambah minat baca masyarakat Jakarta atau Indonesia,” ujarnya.

 

 

Loading...




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *