Search
Jumat 22 Maret 2019
  • :
  • :

Peretasan dan Internet Murah (Bagian 2)


MAJALAH ICT – Jakarta.Setelah situs Telkomsel.com diretas dan diganti lamanyya dengan seruan penurunan tarif internet dan kata-kata kasar, giliran situs Indosat yang diretas. Adapun laman yang diretas dan didefacing adalah laman pada sub domain indosatooredoo.com atau tepatnya arena.indosatooredoo.com. Meski begitu, pihak Indosat menegaskan bahwa situs tersebut dikelola oleh pihak lain.

Dijelaskan Group Head Corporate Communications Indosat Ooredoo Deva Rachman, ketika peretasan itu terjadi, perusahaannya sedang mengevaluasi prosedur dan pengaturan penggunaan situs subdomain yang menggunakan nama Indosat Ooredoo. Dan situs arena.indosatooredoo.com itu juga sudah lama tidak aktif. “Subdomain tersebut dimiliki dan dikelola oleh partner kami,” tegas Deva.

Ditambahkannya, sejumlah situs microsite partner berkonten promosi lama Indosat Ooredoo yang tidak lagi aktif dan tak relevan, memang sudah masuk dalam evaluasi tersebut.

“Indosat Ooredoo telah melakukan sejumlah antisipasi untuk melindungi seluruh perangkat situs, baik yang dikelola secara langsung maupun yang dijalankan sejumlah anak perusahaan. Kami bekerja sama dengan para partner agar situs mereka juga dalam keadaan aman,” jelasnya.

Direktur Utama PT Indosat Ooredoo Alexander Rusli juga menyatakan hal yang senada soal peretasan di situs indosatooredoo.com “Itu situs partner yg pakai domain IndosatOoredoo. Sebetulnya sudah tidak dipakai dan tidak lagi aktif, namun selama ini tidak dibersihkan. Saat ini juga langsung di lakukan cleaning up micro site promosi lama dan situs partnership yang gunakan nama IndosatOoredoo. Kejadian bagus untuk ingatkan agar lebih disiplin administrasi,” yakinnya.

Selain Telkomsel dan Indosat, dalam kurun waktu bersamaan situs Dinas Sosial DKI Jakarta tang beralamat di www.dinsoso.jakarta.go.id diretas hacker. Dalam aksi membobol laman satuan kerja di Pemerintah Propinsi DKI Jakarta tersebut, peretas menyinggung program rumah murah dengan DP Rp. 0 yang merupakan janji calon Gubernur-Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih, Anies Baswedan- Sandiaga Uno.

Peretas yang menamakan dirinya ‘d3xj’ dan juga ‘Phoenix Team’ , menyebutkan sejumlah nama yang merupakan tim peretas seperti ‘d3xj – Dr3amLess – Rx_XinHad – Karyo – ./LegionLeader – N3va’. Nampaknya para peretas tak pusa dengan hasil Pilkada DKI Jakarta yang membuat pasangan petahana Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Sjaiful Hidayat kalah. Sebab dari pesan yang disampaikan, peretas mengunggah foto rumah dari kardus berwarna biru dan merah dimana di bagian dalam foto tertulis ‘Inikah yang dimaksud DP 0%? DITUNGGU JANJINYA ANIES-SANDI’.

Kepala Seksi Promosi dan Informasi Dinas Sosial DKI Jakarta, Miftahul Huda mengaku heran karena situs Dinsos DKI diretas. Menurut Miftahul, Dinsos DKI tidak pernah menampilkan berita-berita berbau politis. Miftahul mengungkapkan bahwa pihaknya mengetahui situs mereka diretas setelah ada gangguan saat memposting berita baru. Berita-berita yang sudah diunggah tidak bisa dimuat dalam situs mereka. “Tiba-tiba kita tahu kalau situs diretas orang,” jelasnya.

Miftahul heran mengapa situs Dinsos yang menjadi sasaran peretas. “Saya heran mengapa mereka meretas Dinsos. Berita yang ditampilkan Dinsos DKI selama ini juga biasa saja hanya memberitakan kegiatan Dinsos. Tidak ada berita yang menjurus ke politik praktis atau salah satu paslon,” tandasnya.

 

<< Sebelumnya | Selanjutnya >>

 

Loading...




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *