Search
Jumat 15 November 2019
  • :
  • :

Perkuat Ekosistem Digital untuk UMKM, Ralali.com Hadirkan Pembiayaan untuk Pasar Halal Indonesia

MAJALAH ICT – Jakarta. Tepat 72 tahun yang lalu mata uang negara Indonesia yaitu rupiah hadir di tengah masyarakat sebagai alat pembayaran yang sah. Seiring perkembangan yang terjadi, uang bertransformasi bentuk ke dalam inovasi layanan keuangan berbasis teknologi atau disebut dengan Fintech.

Trend fintech di Indonesia terjadi awal tahun 2006-2007 yang mana mengalami pertumbuhan sebanyak 7% dan di akhir tahun 2017 telah menyentuh angka 78 % dari 135 -140 perusahaan financial teknologi. Lebih dari itu pada september 2019 terjadi kenaikan pinjaman yang diberikan perusahaan fintech sebesar 10.18 triliun rupiah atau naik 101.83% dari tahun lalu. Meski demikian 74% pelaku UMKM di Indonesia masih belum memperoleh akses pembiayaan untuk usaha mereka.

Fintech pun kini turut menyasar Pasar dan Industri Halal di Indonesia yang dinilai berpotensi, pasalnya menurut State of Global Islamic Economy Report, Indonesia masuk peringkat ke-11 dalam urutan Indeks perekonomian Halal Dunia. Selain potensi dalam perekonomian halal, Indonesia juga merupakan negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia, setara dengan penduduk muslim di Qatar, Malaysia, Kuwait, Uni Emirat Arab, Arab Saudi, dan juga Turki. Besarnya potensi tersebut perlu didukung oleh kehadiran inovasi dan kolaborasi dengan berbagai pihak sehingga ekosistem ekonomi Indonesia menjadi kuat.

Memaknai Hari Keuangan Nasional yang jatuh pada 30 Oktober dan melihat potensi fintech di Indonesia, Ralali.com sebagai the next generation of B2B platform menghadirkan berbagai inovasi berbasis teknologi di dalam Ekosistem Digital yang dimilikinya. Guna memberdayakan 1 juta UMKM di tahun 2019, Ralali.com memperkuat fitur fintech dalam ekosistem digitalnya.

Fintech Ralali.com memberikan kemudahan UMKM dalam pilihan pembayaran saat bertransaksi di platform Ralali.com, akses permodalan usaha, insurtech atau asuransi teknologi, dan kedepannya juga merambah layanan investasi. Tujuannya untuk mendorong penetrasi dan pemerataan ekonomi bangsa salah satunya adalah pasar halal di Indonesia yang turut berperan di dalamnya.

Ralali.com berkolaborasi dengan berbagai partner untuk mendukung potensi Pasar Halal di Indonesia yang sedang bertumbuh. Menyadari potensi ini, Ralali.com bekerja sama dengan Duha Syariah yang merupakan platform pembiayaan berbasis syariah. Kerjasama ini telah berlangsung dari awal bulan september 2019 dengan harapan mempermudah UMKM dengan mendukung berbagai aktivitas bisnis yang dimiliki melalui akses pembiayaan syariah dengan membantu hingga perjalanan ibadahnya.

“Pasar Halal di Indonesia tidak berhenti hanya di sektor fashion, makanan hingga destinasi wisata, namun merambah juga kepada industri lainnya, salah satunya adalah pembiayaan berbasis syariah. Kolaborasi dengan partner fintech terus di hadirkan secara komprehensif untuk membantu UMKM mampu mengembangkan usaha hingga mendukung aktivitas mereka. Akses pembiayaan berbasis syariah menjadi perhatian karena memberikan pilihan pembiayaan yang tanpa riba juga aman dan transparan untuk sahabat Ralali.com”. Ujar Alvin Aulia Akbar VP of Commercial and Partnership Ralali.com.

Kolaborasi ini diwujudkan dengan memberikan kemudahan bagi UMKM untuk menjalankan aktivitas bisnis dan ibadah yaitu pembiayaan usaha dan juga pembiayaan perjalanan Umroh. Hal ini turut jadi perhatian karena tidak semua masyarakat hingga pelaku UMKM mampu menjalankan ibadah umroh karena terkendala biaya. “Untuk mengurangi kekhawatiran tersebut perlu dihadirkan terobosan baru. Kerjasama dengan Duha Syariah dan Ralali.com menginisiasi sebuah tujuan mulia yaitu pelaku UMKM dapat melakukan ibadah terlebih dahulu, tanpa perlu merasa terbebani biaya yang akan dikeluarkan di awal sebelum berangkat. Pembayarannya dapat diangsur atau dicicil secara berkala. Tanpa riba, aman, dan transparansi yang jelas karena pembelian paket ibadah umroh dapat diakses melalui www.ralali.com juga mobile apps Ralali.com selain itu pembayaran dibantu langsung dengan pinjaman dari Duha Syariah.” ujar Alvin.

Lebih dari itu, kolaborasi ini dapat membantu pelaku UMKM untuk menjalankan ibadah umroh dengan tenang serta nyaman. Inovasi ini mampu mendorong 15% pasar muslim Indonesia, sehingga pertumbuhan ekonomi dapat terjadi karena inovasi teknologi yang disediakan dapat dimanfaatkan juga oleh pelaku bisnis yang bergerak pada jasa perjalanan bisnis maupun wisata.

Kolaborasi dan inovasi di sektor fintech yang merupakan bagian di dalam Ekosistem digital Ralali.com terus dikembangkan untuk dapat membantu pelaku UMKM dalam berbagai kebutuhan bisnis. Selain inovasi pembiayaan syariah, Fintech Ralali.com terbaru ini juga telah memberikan akses pembiayaan bisnis sebesar 14 Miliar Rupiah untuk membantu lebih dari 2500 UMKM yang tersebar di 30 provinsi di Indonesia. Kedepan inovasi berbasis teknologi antara Ralali.com juga fintech partner akan terus ditingkatkan untuk memberikan kemudahan bagi pelaku UMKM dalam mengembangkan usaha sehingga mampu memberdayakan 1 juta pelaku UMKM Indonesia di tahun 2019.

 

Loading...




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *