Search
Rabu 8 April 2020
  • :
  • :

Perluas Dampak Ekonomi Lokal Melalui Pariwisata, OYO Jalin Kerjasama dengan Karang Taruna Jawa Barat

MAJALAH ICT – Jakarta. Provinsi Jawa Barat menyimpan berbagai potensi pariwisata lokal yang menjanjikan. Bahkan, pada laporan 2019 Year in Search Indonesia dari Google, dua kota di Provinsi Jawa Barat yaitu Bogor dan Bandung memasuki 10 peringkat teratas destinasi wisata paling dicari di Indonesia selama semester pertama di tahun 2019. Tak hanya wisata alam, Jawa Barat juga kaya akan wisata budaya hingga kulinernya yang turut berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat.

OYO Hotels and Homes (OYO) sebagai jaringan hotel dan tempat tinggal nomor 1 terbesar di Indonesia (berdasarkan jumlah kamar) juga semakin gencar memperkuat komitmennya untuk secara aktif mendukung pengembangan potensi pariwisata lokal di Indonesia guna memberikan dampak ekonomi lokal yang lebih luas. Salah satu inisiatif terbaru dari OYO adalah dengan turut mendukung program pengembangan potensi ekonomi pariwisata lokal yang dikelola oleh Usaha Ekonomi Produktif-Karang Taruna wilayah provinsi Jawa Barat (UEP-KT). Kerjasama OYO bersama dengan Karang Taruna wilayah provinsi Jawa Barat ini tertuang dalam penandatanganan nota kesepahaman (MoU) yang dilaksanakan pada tanggal 17 Desember 2019.

Bayu Seto, Region Head Java, OYO Hotels and Homes, Indonesia mengungkapkan, “Sebagai pemain terdepan dalam industri hospitality di Indonesia, OYO berkomitmen untuk senantiasa berperan aktif dan berkontribusi secara konkrit dalam mendukung pengembangan industri pariwisata lokal. Di wilayah Jawa Barat sendiri, kami melihat program Usaha Ekonomi Produktif yang digalang oleh Karang Taruna ini sangat serius dan gencar melakukan inisiatif-inisiatif untuk meningkatkan perekonomian lokal di wilayah Jawa Barat. Untuk itu, kami ingin menjadi bagian dari program ini dengan memberikan pengetahuan dan keahlian kami di bidang hospitality, teknologi dan jaringan pemasaran yang kami miliki.”

Melalui kerjasama ini, OYO beserta Karang Taruna wilayah provinsi Jawa Barat akan memfasilitasi properti lokal milik anggota KT dikomersialkan dan usaha akomodasi di daerah wisata lokal yang dikelola para anggotanya sehingga mampu memberikan dampak lebih bagi ekonomi setempat. Selain itu, OYO juga akan memberikan berbagai audit dan rekomendasi kepada properti-properti tersebut agar layak untuk dijadikan akomodasi komersial, dukungan teknologi dalam operasional, jaringan pemasaran yang luas, serta pemberian pelatihan dalam bidang hospitality kepada karyawan mitra properti. Tidak hanya itu, guna memaksimalkan pengembangan di sektor ekonomi produktif, kerjasama ini akan juga akan memfasilitasi penyediaan tempat di properti OYO bagi organisasi Karang Taruna apabila ingin mengadakan aktivitas peningkatan ekonomi, seperti pembukaan lapak usaha UMKM yang berada dibawah naungan Karang Taruna wilayah Jawa Barat.

Mengomentari tentang kerjasama ini, Subchan Daragana, selaku Ketua Karang Taruna wilayah Jawa Barat mengungkapkan, “Kami sangat mengapresiasi dukungan OYO dalam inisiatif pengembangan Usaha Ekonomi Produktif ini. Program ini kami tujukan agar dapat menjadi sebuah sarana untuk mendorong sektor pariwisata yang ada di seluruh daerah Jawa Barat agar menjadi destinasi wisata yang berstandar internasional, terlebih jika didukung oleh akomodasi yang memiliki kualitas dan standar yang baik. Kami harapkan kerja sama dengan OYO mampu meningkatkan perekonomian lokal dengan membantu para pemilik akomodasi untuk memulai atau mengembangkan bisnisnya, meningkatkan standar pelayanan, juga memfasilitasi aktiiftas peningkatan ekonomi produktif di properti-properti dari kerjasama ini, demi mendukung potensi pariwisata di wilayah Jawa Barat.”

Lebih lanjut, melalui kerjasama ini, kedua belah pihak juga akan secara konsisten memantau dan mengawasi kegiatan mitra properti dan memastikan kelancaran operasional properti, guna menjaga mutu pelayanan kepada konsumen. Melalui adanya berbagai properti lokal yang memiliki layanan dan fasilitas akomodasi yang baik, diharapkan akan ada berbagai desa yang mampu menjadi daerah percontohan pengembangan ekonomi pariwisata lokal di wilayah Jawa Barat.

Sebagai jaringan hotel terdepan di dunia dan di Indonesia, OYO di Jawa Barat telah beroperasi sejak Januari 2019 dan saat ini telah memiliki lebih dari 220 hotel, lebih dari 5.500 kamar, dengan tingkat okupansi mencapai 60%. Secara nasional, OYO telah hadir dengan 2.000 hotel, 49.000 kamar di lebih dari 100 kota di Indonesia yang tersebar di Pulau Jawa, Bali, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. OYO terus fokus memberikan pengalaman menginap terbaik bagi 30,000 tamu yang menginap setiap harinya sekaligus senantiasa meningkatkan pemasukan pemilik hotel, sehingga OYO mampu tumbuh 30 kali lipat hanya dalam waktu kurang dari 1 tahun.

 

Loading...




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *