Search
Selasa 17 September 2019
  • :
  • :

Pertumbuhan Ponsel Cerdas akan Turun pada 2020

MAJALAH ICT – Jakarta. Beberapa tahun ini menjadi tahun yang sulit bagi industri ponsel pintar global, yang telah menyaksikan kenaikan volume unit saat pasar jatuh tempo dan siklus peningkatan terus semakin lama. Perlambatan telah memukul perangkat premium yang paling sulit, yang sebagian mengapa Apple telah begitu terfokus pada pertumbuhan bisnis layanannya dalam beberapa tahun terakhir. Raksasa teknologi Cupertino ini dilaporkan berencana untuk meluncurkan iPhone mid-range yang terjangkau awal tahun depan, yang dapat membantu memacu penjualan.

Peneliti pasar IDC telah merilis perkiraan baru tentang apa yang diharapkan untuk pasar smartphone. Analis mengatakan Apple menghadapi siklus peningkatan yang penting untuk iPhone, dan bahwa perusahaan menghadapi angin sakal di China karena gesekan perdagangan.

Total pengiriman smartphone diperkirakan akan turun 2,2% tahun ini menjadi sekitar 1,37 miliar sebelum meningkat 1,6% pada tahun 2020. Alphabet Google diperkirakan akan meningkatkan pangsa pasar Android di seluruh dunia menjadi 87% tahun ini , naik dari 85% pada 2018, sebagian berkat adopsi 5G. Itu akan menempatkan pangsa pasar Apple iOS di 13%.

“Konsumen terus memegang perangkat mereka untuk waktu yang lebih lama membuat penjualan sulit bagi vendor dan saluran,” kata analis riset IDC Sangeetika Srivastava dalam sebuah pernyataan. “Namun, ekspektasi promosi dan penawaran agresif pada paruh kedua 2019 bertujuan membantu membersihkan inventaris saluran dan membuat konsumen bersemangat tentang gelombang berikutnya dari teknologi ponsel cerdas yang akan mengarahkan pasar kembali ke pertumbuhan baru.”

Siklus pemutakhiran rata-rata di AS sekarang 33 bulan, menurut perkiraan terpisah dari Strategy Analytics yang dirilis bulan lalu.

Optimisme di sekitar 5G juga membantu mengurangi ketakutan makroekonomi seputar meningkatnya ketegangan perdagangan antara AS dan China. Pengiriman 5G diharapkan lepas landas pada tahun 2020 dan mencapai 123,5 juta – 9% dari smartphone yang dikirimkan tahun depan. Proporsi itu akan terus naik ke 28% dari smartphone pada tahun 2023, menurut perkiraan IDC.

“Antisipasi 5G, dimulai dengan smartphone, telah dibangun cukup lama tetapi tantangan di pasar smartphone selama tiga tahun terakhir telah memperbesar antisipasi itu,” tambah Ryan Reith dari IDC. Jalur 5G tidak akan setajam 4G karena pasar telah berubah secara dramatis, menurut Reith.

Apple secara luas diharapkan untuk memperkenalkan iPhone 5G pada tahun 2020 setelah penyelesaiannya dengan Qualcomm awal tahun ini yang mengamankan pasokan modem 5G. IDC memperkirakan volume iPhone Apple pada 2019 turun 15% menjadi 177,9 juta, karena pembuat Mac akan lebih lambat dari pesaing dalam menambahkan teknologi 5G, tetapi IDC mencatat bahwa perusahaan akan dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang kondisi pasar 5G untuk ketika meluncurkan ponsel 5G-nya.

 

Loading...




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *