Search
Senin 23 Oktober 2017
  • :
  • :
logo xl baru

Pilkada Serentak Bikin Trafik Data XL Melesat

MAJALAH ICT – Jakarta. Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) memiliki korelasi signifikan terhadap trafik data telekomunikasi. Setidaknya ini yang terjadi pada trafik layanan data pada operator telekomunikasi seluler PT XL Axiata Tbk (XL). Trafik data XL naik signifikan saat pencoblosan Pilkada.

Dijelaskan Direktur/Chief Service Management Officer XL Axiata Yessie D. Yosetya, kenaikan trafik terutama terjadi di daerah-daerah yang memang menyelenggarakan Pilkada, antara lain Nanggroe Aceh Darussalam, Kepulauan Bangka Belitung, DKI Jakarta dan Banten. Secara rata-rata, kenaikan trafik layanan Data mencapai 17% dari rata-rata trafik di hari normal.

Ditambahkannya, penggunaan media sosial (medsos) yang intens juga mendorong kenaikan tersebut dengan kenaikan mencapai 15%. Dan untuk menjawab kebutuhan trafik data tersebut, kata Yessie, jaringan XL Axiata tidak mengalami kendala apa pun dalam memberikan layanan telekomunikasi dan data sepanjang berlangsungnya momen pemilihan pemimpin warga di tingkat daerah tersebut.

“Seperti biasanya, jaringan kami selalu siap mengantisipasi kenaikan trafik sepanjang tahun, termasuk saat menghadapi hari-hari besar dan agenda negara seperti Pilkada atau Pilpres. Tentu kami ingin ikut mensukseskan Pesta Demokrasi tersebut dengan menyediakan sarana komunikasi yang prima,” katanya.

Tahannya jaringan XL menghadapi kenaikan trafik data, kata Yessie, hal itu karena sejak jauh-jauh hari XL Axiata sudah menyiapkan penguatan jaringan di semua daerah yang menyelenggarakan Pilkada. Ada sejumlah provinsi dan puluhan kabupaten/kota yang menyelenggarakan Pilkada secara serentak kemarin. Antisipasi yang dilakukan XL antara lain dengan memastikan lagi kapasitas jaringan di daerah-daerah tersebut dan hal-hal lain yang bersifat teknis.

Disampaikannya, trafik penggunaan Facebook, Path, LINE, dan Whatsapp naik di sebagian besar provinsi penyelenggara Pilkada. Facebook paling tinggi kenaikannya, yaitu masing-masing di NAD naik 53%, DKI 17%, Banten 14%, dan Bangka Belitung 9%. Pelanggan menggunakan medsos untuk berbagi informasi, termasuk dalam format gambar atau foto, serta video. Akses Data juga cukup intens dilakukan untuk memantau hasil penghitungan suara. Sedangkan dilihat dari lokasi kenaikan trafik, kenaikan terjadi di Nanggroe Aceh Darussalam, yaitu sebanyak 27% dibanding trafik hari biasa, disusul DKI Jakarta naik 17%, Banten 17%, dan Bangka Belitung 7%.

 




Tinggalkan Balasan