Search
Sabtu 15 Desember 2018
  • :
  • :
qualcomm-5g

Ponsel Android Berbasis Teknologi 5G akan Siap Dirliis pada 2019

MAJALAH ICT – Jakarta. Semua pembuat ponsel Android akan merilis perangkat seluler siap pakai 5G tahun depan, demikia menurut Presiden Qualcomm Cristiano Amon.

Pada KTT Teknologi Snapdragon Qualcomm di Hawaii, Amon mengungkapkan kepada CNET dalam sebuah wawancara bahwa semua vendor Android diharapkan untuk meluncurkan perangkat unggulan dengan dukungan 5G pada akhir 2019.

“Ketika kami mencapai waktu setahun ini dari sekarang, kami akan melihat setiap [pembuat handset] di ekosistem Android, unggulan mereka di semua operator AS akan menjadi perangkat 5G,” kata Amon. “Setiap vendor Android bekerja pada 5G sekarang.”

Bukan rahasia lagi bahwa Samsung Electronics, pabrikan ponsel pintar terbesar di dunia, sudah bersiap untuk meluncurkan smartphone berkemampuan 5G pertama tahun depan. Verizon bahkan mengumumkan pada hari Senin bahwa itu bekerja dengan merek Korea Selatan untuk membawa smartphone 5G komersial pertama ke pasar Amerika pada paruh pertama tahun 2019.

Sementara itu, Huawei mengungkapkan pada bulan September bahwa smartphone lipatnya yang sangat diantisipasi memulai debutnya dengan kemampuan 5G tahun depan, sesuai 5G.co.uk. Pabrikan Cina tidak memberikan petunjuk apa pun pada periode peluncuran perangkat, tetapi itu diperkirakan akan terjadi dalam paruh pertama.

Saingan crosstown Samsung, LG Electronics, juga menegaskan bahwa itu bekerja pada smartphone 5G pertamanya. Perangkat ini siap diluncurkan di AS melalui Sprint di babak pertama, juga.

Selama keynote Amon minggu ini, daftar perusahaan yang bermitra dengan Qualcomm tentang inisiatif peluncuran 5G disajikan. Daftar ini, yang ditemukan oleh AppleInsider, mengungkapkan bahwa Google, Sony, HTC, Motorola, OnePlus, Vivo, Oppo, Xiaomi, ZTE, Asus, Fujitsu dan Sharp juga mengembangkan perangkat 5G-siap.

Tahun 2019 diharapkan mengantarkan era komunikasi seluler 5G. Sayangnya, Apple tidak melompat pada kereta musik dan bahkan telah memutuskan untuk menunda menawarkan iPhone berkemampuan 5G hingga 2020.

Raksasa Cupertino menunda adopsi teknologi jaringan generasi berikutnya untuk menghindari masalah, seperti cakupan jerawatan, yang bisa timbul selama fase awal penyebaran jaringan 5G.

“Apple selalu menjadi penghambat dalam teknologi seluler,” kata analis Gartner Inc Mark Hung kepada Bloomberg awal pekan ini. “Mereka tidak terpengaruh di masa lalu, tetapi 5G akan lebih mudah dipasarkan. Tetapi jika mereka menunggu di luar tahun 2020, maka saya pikir mereka akan terpengaruh. ”

 




Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *