Search
Rabu 13 Desember 2017
  • :
  • :
psn-vi-satelit

PT Pasifik Satelit Nusantara akan Luncurkan Satelit PSN VI pada Akhir 2018 Isi Slot Orbit 146 Derajat BT

MAJALAH ICT – Jakarta. Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengapresiasi upaya penyediaan infrastruktur satelit baru untuk akses internet bagi rakyat Indonesia oleh PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN). Satelit PSN VI direncanakan mengorbit pada slot orbit 146 derajat BT pada akhir tahun 2018.

“Pemerintah sangat mengapresiasi keterlibatan aktif pelaku usaha dan inisiatif yang dilakukan PSN bisa mewujudkan cita-cita Pemerintah untuk menghubungkan seluruh wilayah Indonesia dengan internet, sehingga kegiatan ekonomi bertambah efisien,” ungkapnya dalam Keynote Speech seusai penandatanganan kerjasama pembiayaan ini di Grand Hyatt Jakarta.

Menteri Rudiantara mengucapkan selamat kepada PT PSN yang baru saja meraih sebuah pencapaian bidang finansial dengan dukungan Export Development Canada (EDC). “Saya mengucapkan selamat kepada PT PSN dan terima kasih kepada seluruh ekosistem yg telah mendukung PT PSN agar dapat meraih pencapaian ini terutama bidang finansial,” katanya.

PT PSN melakukan penandatanganan kerjasama pembiayaan dengan lembaga kredit ekspor Kanada (Export Development Canada/EDC). Penandatanganan ini disaksikan langsung oleh Menteri Kominfo Rudiantara yang hadir sekaligus memberikan keynote speech pada kesempatan tersebut.

Menteri Rudiantara juga menjelaskan kebutuhan akses internet di Indonesia dan upaya pemerintah menyediakan akses internet. “Mengapa satelit dibutuhkan di Indonesia? Salah satunya dikarenakan masih banyak daerah yang belum dijangkau oleh jaringan internet. Selain proyek Palapa Ring, satelit ini merupakan salah satu affirmative policy yang dikeluarkan pemerintah agar seluruh masyarakat Indonesia dapat terhubungkan dengan koneksi internet. Namun, sebelum pemerintah memiliki infrastruktur satelit berkecepatan tinggi (broadband) yang dikelola sendiri pada tahun 2022, saya sangat mendukung PT PSN agar dapat segera mengorbitkan satelit baru yang dinamakan PSN VI,” paparnya.

Peluncuran satelit sebagai langkah strategis merupakan komitmen PSN untuk mendukung program kemandirian satelit Indonesia yang dicanangkan Pemerintah Indonesia serta mengoptimalkan peluang perusahaan satelit domestik untuk memenuhi kebutuhan data broadband di Indonesia yang sangat tinggi.

“Satelit PSN VI ini merupakan infrastruktur penting untuk memenuhi kebutuhan jaringan komunikasi berupa data di Indonesia sebagai negara kepulauan. Satelit merupakan salah satu medium yang efisien untuk menjangkau wilayah yang sulit dan tidak dapat dilayani oleh jaringan infrastruktur terestrial seperti menggunakan fiber optic dan microwave link,” jelas CEO PT PSN Adi Rahman Adiwoso.

 

 




Tinggalkan Balasan