Search
Rabu 17 Oktober 2018
  • :
  • :
5g

Qualcomm Berharap Ponsel Pertama 5G akan Hadir di 2018 ini

MAJALAH ICT – Jakarta. SVP Engineering Qualcomm Durga Malladi menyampaikan, sebagian besar peluncuran handset 5G komersial akan datang pada 2019, tetapi terungkap dalam wawancara dengan The Economic Times (ET), beberapa vendor smartphone berhasrat mendorong peluncuran ke depan ke 2018.

Sementara “hampir semua OEM sedang mempersiapkan untuk peluncuran pada tahun 2019,” Malladi mencatat “tergantung pada wilayahnya, beberapa dari mereka lebih agresif dari itu dan mereka ingin melakukan itu pada akhir 2018 itu sendiri.”

Pada bulan Februari, perusahaan mengungkapkan 19 OEM berkomitmen untuk menggunakan modem X50 dalam peluncuran perangkat seluler 5G yang dijadwalkan pada 2019. Namun, Malladi mengatakan kepada ET bahwa debut perangkat awal sedang didorong oleh upaya operator di pasar tertentu untuk menerapkan 5G segera setelah tahun ini. Qualcomm adalah “melakukan segala yang kami bisa” untuk mendukung pabrikan yang ingin mempercepat waktu peluncuran 5G mereka bertepatan dengan penggunaan operator, tambahnya.

Upaya ini termasuk menawarkan modem multiband yang kompatibel dengan berbagai spektrum band yang dialokasikan untuk 5G di seluruh dunia, termasuk frekuensi sub-6GHz dan mmWave, dia berkata: “Dari sudut pandang kami, kami mendukung semua band tersebut, saya berarti semua yang dibutuhkan dalam kerangka waktu yang tepat untuk peluncuran yang akan datang. ”

Malladi mencatat operator masih membuat keputusan jaringan yang akan berdampak pada kecepatan yang ditawarkan pada handset 5G. Meskipun segala sesuatu yang sedang dipertimbangkan akan menghasilkan kecepatan gigabit, Malladi menjelaskan kisaran bisa berada di mana saja dari 1 Gbps ke 4.5 Gbps.

Selain smartphone, ia menambahkan Qualcomm juga mendukung pengembangan tablet dan laptop 5G. Meskipun Malladi tidak menyebutkan daerah mana yang pertama menerima perangkat generasi berikutnya, beberapa operator AS mengincar peluncuran 5G pada tahun 2018.

AT & T berjanji untuk meluncurkan ponsel 5G di 12 kota tahun ini, meskipun dikatakan akan meluncurkan teknologi menggunakan perangkat yang diberi nama Puck daripada handset. Ini dianggap semacam titik akses portabel.

Verizon juga bersiap untuk peluncuran 5G pada tahun 2018, tetapi mengatakan akan mulai dengan penyebaran akses nirkabel tetap sebelum pindah ke ponsel beberapa bulan kemudian.

 




Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *