Search
Jumat 22 Februari 2019
  • :
  • :

Ratusan Akun Saracen Diblokir Facebook, Tak Ketinggalan Termasuk Akun Abu Janda


MAJALAH ICT – Jakarta.  — Facebook menghapus ratusan akun dan grup disebutnya terkait dengan kelompok Saracen. Kelompok Saracen sempat menghiasi media di Indonesia pada periode 2017-2018 karena dianggap Kepolisian RI sebagai kelompok penyebar ujaran kebencian dan berita bohong. Ketua sindikat Saracen Jasriadi dijatuhi vonis 10 bulan penjara oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Pekanbaru.

Kepala Kebijakan Cybersecurity Facebook Nathaniel Gleicher menyatakan, akun-akun dan halaman yang diblokir secara aktif bekerja untuk menyembunyikan apa yang mereka lakukan dan dihubungkan dengan kelompok Saracen, sebuah sindikat online di Indonesia. Menurutnya, kelompok Saracen ini memiliki urgensi untuk memecah belah masyarakat Indonesia. “Mereka telah menggunakan pesan menipu dan jaringan halaman tersembunyi dan akun untuk mendorong narasi sering memecah belah atas masalah utama dari debat publik di Indonesia,” katanya.

Dalam barisan akun yang diblokir terdapat nama Permadi Arya. Lelaki yang menggunakan nama alias Abu Janda ini dikaitkan juga dengan kelompok Saracen.

Dikemukakan Facebook, seluruh halaman, akun, dan grup tersebut dihapus karena pola dan perilaku mereka, bukan karena konten yang diposting melalui akunnya.  Setidaknya sekitar 170.000 orang mengikuti satu dari halaman Facebook ini, dan lebih dari 65.000 orang mengikuti setidaknya salah satu dari akun Instagram tersebut.

“Dalam kasus ini, orang-orang yang berada di balik aktivitas ini berkoordinasi satu sama lain dan menggunakan akun palsu untuk menggambarkan identitas yang tidak otentik, dan hal ini yang menjadi dasar dari tindakan yang kami lakukan,” kata Facebook.

 

Loading...




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *