Search
Selasa 13 April 2021
  • :
  • :

Samsung Galaxy S4 yang Masuk ke Indonesia Tipe I9500

MAJALAH ICT – Jakarta. Samsung Galaxy S4 baru saja diluncurkan beberapa hari lalu, sudah mendapat sertifikasi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika. Dari sertifikasi yang didapat, disebutkan bahwa Samsung Galaxy S4 yang akan dipasarkan di Indonesia adalah bertipe I9500. Apa maksudnya?

Dari informasi yang didapat MAJALAH ICT, ada dua tipe Galaxy S4, yaitu I9500 dan I9505. Untuk Galaxy S4 I9500 ditanamkan Chipset Exynos 5 Octa tanpa kemampuan untuk 4G-LTE, sementara untuk tipe I9505 ditanamkan Chipset Snapdragon 600 dengan kemampuan akses ke jaringan 4G-LTE. Dalam Galaxy S4 I9500, akan ada dua yakni CP""U quad-core 1.6GHz ARM Cortex-A15 dan quad-core 1.2GHz ARM Cortex-A7 CPU. Exynos 5 Octa juga dilengkapi dengan grafis tri-core PowerVR SGX544MP3. Ini menjawab informasi yang beredar selama ini bawah Galaxy S4 yang masuk akan dilengkapi dengan Chipset Snapdragon.  

Samsung Galaxy S4 sendiri sebagaimana diumumkan memiliki badan yang lebih ramping dibanding pendahulunya Galaxy SIII dimana paling tebal hanya 7,9 milimeter. Ukuran layar 5 inchi dengan lapisan metal di pinggir badan peragkat yang dibangun menggunakan bahan polikarbonat. Layar Galaxy S4 menggunakan teknologi Super OLED kepadatan 441ppi (pixel per inch) yang bisa menghasilkan gambar sangat baik sekaligus enak dipandang. Teknologi Super OLED di S4 bahkan mengalahkan teknologi layar iPhone 5 dan bisa menampilkan gambar bersolusi 1920 x 1080 (full HD) dengan tajam.

""Di dalam Galaxy S4 dilengkapi  PowerVR SGX 544MP3 dan memori sistem 2GB. Fasilitas lainnya adalah kamera belakang 18 megapiksel yang bisa merekam full HD, serta kemera depan 2 megapiksel. 

Pada Galaxy S4 tersedia fasilitas Pause dan Smart Scroll. Pause memungkinkan pengguna ketika menyaksikan video, kemudian menoleh, maka video akan berhenti sementara. Sementara ketika kembali ke layar, video akan kembali berjalan. Sedangkan Smart Scroll memungkinkan pengguna membaca halam sebuah situs tanpa menggerakkan tangan, melainkan dengan wajah yang akan terdeteksi untuk menggerakan layar ke atas atau ke bawah. 

Jika dbandingkan dengan iPhone 5, di beberapa belahan dunia, iPhone begitu mendominiasi. Ponsel cerdas ini dianggap memiliki bentuk yang indah dengan sistem operator teranyar dan chip merk baru A6. Walaupun Samsung Galaxy S4 paketnya cukup menarik, namun nampaknya belum bisa mengalahkan desain iPhone 5 dan kualitas yang ditawarkan. 

LG Optimus G Pro merupakan pesaing yang serius Samsung Galaxy S4. LG memperkenalkan teknologi eye tracking untuk dibenamkan dalam ponsel cerdasnya. Bagi yang senang dengan display yang lebih besar, nampaknya LG Optimus Pro G pilihannya. 

Untuk disandingkan dengan Sony Xperia Z, tentunya Xperia Z ini punya keunggulan tersendiri. Dimana, Xperia Z anti air dan debu serta memiliki display full HD. Kamera 13 megapixel di bagian belakang ponsel ini juga bekerja cukup baik.

Untuk pasar Indonesia, cukup menarik jika menyandingkan antara Samsung Galaxy S4 ini dengan BlackBerry Z10 karena masih hangat tersedia di pasar. BlackBerry Z10 mendapat sambutan cukup baik dimana perangkat ini tampil cantik dengan model yang unik, serta dapat difungsikan untuk bekerja maupun bermain. Dan tentunya, untuk bersaing dengan BlackBerry Z10 ini di Indonesia, Galaxy S4 tidak mudah. Hal ini mengingat pengguna BlackBerry loyal terhadap merk ini dan butuh waktu mengubah pemikiran pengguna BlackBerry untuk berpaling.




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *