Search
Jumat 23 Agustus 2019
  • :
  • :

SDPPI Goes to Campus Cari Duta Frekuensi dari Generasi Milenial

MAJALAH ICT – Jakarta. Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan SDPPI Goes to Campus. Kegiatan itu ditargetkan dapat mengajak mahasiswa menjadi “Duta Frekuensi” yang bisa menjelaskan kepada masyarakat mengenai penggunaan spektrum frekuensi dengan baik dan benar.

“Saya berharap mahasiswa dapat menjadi duta-duta spektrum frekuensi. Makanya itu SDPPI harus mencetak generasi milenial yang ramah dalam memanfaatkan spektrum frekuensi,” jelas Direktur Jenderal SDPPI Ismail dalam sambutannya di depan sekitar 200 mahasiswa di Auditorium FISIP Universitas Lampung.

Mengusung tema Frekuensi dan Perangkat Telekomunikasi untuk Generasi Milenial, Dirjen SDPPI Ismail mengharapkan mahasiswa dapat menjelaskan berbagai hal berkaitan dengan spektrum frekuensi radio kepada masyarakat.

“Kami ke sini untuk memberikan penjelasan kepada mahasiswa, bahwa frekuensi ini perlu dikelola dengan baik. Pengelolaannya tidak bisa dilakukan oleh SDPPI saja, namun harus bersama-sama masyarakat memberikan kesadaran,” kata Ismail.

Dirjen Ismail menjelaskan  penggunaan peralatan yang tidak standar dan tidak sesuai perizinannya dapat membahayakan pengguna frekuensi lain. Mulai dari masalah keselamatan penerbangan, kebencanaan, sampai produktivitas manusia. 

Lebih lanjut, Ismail menyatakan frekuensi adalah media yang dapat menyalurkan informasi hingga tidak terbatas jarak. Semua sumber daya itu harus diatur dan dikelola agar tidak saling mengganggu atau menimbulkan bahaya. 

“SDPPI bertugas merencanakan penggunaan frekuensi dan secara berkala bersama lembaga-lembaga dari seluruh dunia duduk satu meja mengatur pengelolaannya,” tutur Dirjen SDPPI.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unila, Karomani menyampaikan terimakasih atas dipilihnya kampus mereka dalam program Ditjen SDPPI.

”Saat ini banyak mahasiswa yang sudah menggunakan berbagai teknologi, namun belum mengetahui sumberdaya di belakang teknologi tersebut. Saya harapkan para mahasiswa yang hadir dapat benar-benar menjadi duta frekuensi,” ujarnya.

SDPPI Goes to Campus juga menghadirkan sejumlah pembicara, antara lain Kepala Seksi Notifikasi Spektrum Frekuensi Radio Terrestrial Sugeng Budi Prasetyo, Kepala Seksi Data dan Informasi Perangkat Pos, Telekomunikasi dan Informatika Budhi Setianto, dan Kepala Balai Monitor Kelas II Lampung Ansyarullah. Mereka menjelaskan berbagai hal teknis terkait peran Ditjen SDPPI Kemkominfo dalam mengelola spektrum frekuensi dan mengawasi sertifikasi perangkat telekomunikasi.

 

Loading...




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *