Search
Senin 16 Juli 2018
  • :
  • :
facebook-wifi

Selain Didera Kasus Kebocoran Data Pengguna, Facebook juga Dituding Lakukan Monopoli

MAJALAH ICT – Jakarta. Mark Zuckerberg membantah bahwa Facebook melakukan praktik monopoli dan menepis teori-teori yang mengatakan bahwa perusahaannya menggunakan mikrofon smartphone untuk memata-matai pengguna. Demikian disampaikan Mark saat ia menghadapi pertanyaan dari senator AS di belakang skandal kebocoran data pengguna baru-baru ini.

Zuckerberg berbicara dalam sidang Senat AS tentang kesepakatan Facebook dengan Cambridge Analytica, setelah perusahaan penambangan data dituduh mengakses informasi pengguna untuk keuntungan politik (tuduhan yang disangkal perusahaan).

Skandal ini mengguncang raksasa media sosial, karena menghadapi kampanye online bagi pengguna untuk menghapus Facebook dan melihat harga sahamnya merosot.

Selama kesaksian, Zuckerberg ditanyai tentang berbagai topik termasuk apakah Facebook sekarang memiliki status monopoli, dan pertanyaan tentang pesaing perusahaan.

Zuckerberg mengatakan “itu pasti tidak terasa seperti itu bagi saya”, ketika ditanya oleh Senator Lindsey Graham apakah Facebook memiliki monopoli.

Dia, bagaimanapun, tampaknya berjuang untuk nama pesaing langsung tunggal, bukannya menyatakan ada tiga “kategori” dari perusahaan yang bersaing dengan Facebook: “Google, Apple, Amazon, Microsoft, kami tumpang tindih dengan mereka dalam cara yang berbeda.”

Graham juga meminta Zuckerberg untuk menyebutkan layanan yang dapat diubah oleh pengguna, jika mereka menginginkan alternatif dari Facebook, yang dia jawab: “Rata-rata orang Amerika menggunakan delapan aplikasi berbeda untuk berkomunikasi dengan teman-teman mereka dan tetap berhubungan dengan orang-orang mulai dari teks hingga e-mail.”

Selama persidangan, Zuckerberg juga menepis teori yang berjalan lama Facebook dan aplikasi terkaitnya seperti Instagram secara diam-diam merekam percakapan pengguna melalui smartphone dan menggunakan informasi tersebut untuk menyediakan iklan bertarget yang lebih baik.

Facebook secara resmi menolak klaim pada tahun 2016, tetapi masalah itu kembali diangkat oleh Senator AS Gary Peters. Zuckerberg menanggapi dengan mengklarifikasi bahwa ketika Facebook memiliki akses ke audio ketika pengguna merekam video untuk dikirim di Facebook dari perangkat mereka, itu tidak memiliki akses ke mikrofon dalam contoh lain.

 




Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *