Search
Jumat 20 September 2019
  • :
  • :

Selama Q1-2017 380 Juta Ponsel Sudah Terjual, Ponsel China Mendominasi

MAJALAH ICT – Jakarta. Pembeli ponsel menghabiskan lebih banyak uangnya untuk mendapatkan perangkat yang lebih baik, sehingga menghasilkan harga jual rata-rata, demikian menurut perusahaan riset Gartner.

Pergeseran preferensi pembeli menguntungkan produsen China termasuk Huawei, Oppo dan Vivo, yang semuanya terlihat membangun “fitur yang diinginkan dengan harga terjangkau”. Perusahaan-perusahaan ini memiliki pangsa pasar gabungan 24 persen pada Q1 2017, naik 7 poin dari tahun ke tahun dan datang dengan mengorbankan Samsung, Apple dan “orang lain”, yang kehilangan sahamnya.

Anshul Gupta, direktur riset di Gartner, mencatat “promosi pemasaran dan penjualan yang agresif” membantu pemain China mendapatkan keuntungan di pasar termasuk India, Indonesia dan Thailand.

Secara total, penjualan smartphone ke pengguna akhir meningkat 9,1 persen menjadi 380 juta unit dalam tiga bulan pertama tahun 2017.

Pangsa pasar Pangsa pasar smartphone Samsung turun 3,1 persen tahun ke tahun karena “tidak adanya alternatif untuk Catatan 7” dan persaingan ketat di “smartphone dasar”, kata Gupta.

Vendor tersebut mungkin bangkit kembali pada kuartal kedua karena penjualan jajaran Galaxy S8 terbaru, yang diluncurkan pada akhir Q1.

Pangsa pasar Apple Q1 juga tergelincir di belakang penjualan iPhone yang flat year-on-year. Vendor ini “semakin menghadapi persaingan ketat dari brand China Oppo dan Vivo antara lain, dan kinerjanya di China diserang”, Gupta menjelaskan.

Oppo ditempatkan keempat menutup celah pada Huawei di tempat ketiga. Oppo hampir melipatgandakan penjualannya dari tahun ke tahun, dan mempertahankan posisi teratas di China. Kesuksesan Oppo terletak di dalamnya dengan memiliki “jaringan pengecer batu bata dan mortir yang besar,” kata Gupta.

“Huawei kini terus memegang posisi ketiga di peringkat dunia vendor smartphone. Namun, tekanan meningkat karena rekan-rekannya di China mengejar,” katanya.

 

Loading...




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *