Search
Senin 26 Agustus 2019
  • :
  • :

Siswa Indonesia Juarai Lomba Asia Pasific Top Coders Minecraft Competition

MAJALAH ICT – Jakarta. Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengapresiasi siswa Juara 1 Lomba Asia Pasific Top Coders Minecraft Competition. Michael Hamonangan Sitorus dari SMA Negeri 1 Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah memenangkan lomba digelar Empire Code Singapura bekerja sama dengan Microsoft dan Lenovo pada tanggal 3 Desember 2018. Michael mengalahkan lawannya dari Singapura yang mendapatkan juara 2 dan juara 3 dari New Zealand.

Apresiasi disampaikan Menteri Rudiantara saat menerima kunjungan President Direktur Microsoft Indonesia Haris Izmee. Dalam kunjungan tersebut, Microsoft memperkenalkan Program Talenta Digital.

“Ini karya anak bangsa yang patut kita apresiasi karena mengombinasikan antara pengetahuan di bidang teknologi, memahami cara membuat coding dan kemampuannya tentang art. Kalau cuma jago coding tapi art-nya gak sesuai berarti gak mungkin menciptakan karya seperti ini,” kata Menteri Rudiantara saat pertemuan tersebut, di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, Senin (04/02/2019).

Michael membuat coding yang menceritakan kehidupan masyarakat Indonesia prasejarah hingga era globalisasi yang perkembang pesat saat ini. Beberapa cerita di dalamnya termasuk menampilkan Candi Borobudur yang merupakan situs sejarah dan candi terbesar di dunia. 

Michael berhasil membuat program yang menjelaskan bangunan situs sejarah Candi Borobudur merupakan bukti nyata bahwa pada era dimana bangunan itu dibuat, manusia sudah memiliki agama dan kepercayaan. Selain Candi Borobudur, Michael juga menampilkan Monumen Nasional (Monas) yang menandakan lahirnya reformasi di Indonesia.

Menteri Rudiantara mengatakan, Kementerian Kominfo selalu mendukung karya anak bangsa, salah satunya di bidang teknologi digital yang memiliki prestasi hingga ke dunia Internasional. Menteri Rudiantara juga mengajak Michael memberikan motivasi dan semangat belajar kepada teman sebayanya di seluruh Tanah Air.

“Apa yang Michael butuhkan saat ini, dan silahkan sampaikan pesan motivasi untuk anak-anak Indonesia biar bisa seperti Michael, dan juga pesan yang ingin Michael sampaikan kepada pemerintah terutama Kominfo, karena pemerintah akan selalu mensupport karya anak bangsa seperti Michael,” kata Rudiantara.

Kedatangan Michael yang didampingi President Direktur Microsoft Indonesia Haris Izmee dan dua guru dari sekolahnya ini mendapatkan bonus laptop dari Menteri Rudiantara. Sebab, dalam pertemuan tersebut, Michael menceritakan selama membuat coding untuk mengikuti lomba tersebut, Ia meminjam laptop salah satu gurunya di sekolah.

“Pesan saya untuk teman-teman agar terus berkarya dan mengasah diri, sekarang kan banyak anak muda yang suka main game tapi hanya sedikit orang yang bisa memanfaatkan dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari, saya juga berharap Kominfo lebih memanfaatkan lagi teknologi saat ini untuk generasi muda Indonesia,” kata Michael yang berkeinginan kuliah di UGM ini.

 

Loading...




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *