Search
Selasa 22 Oktober 2019
  • :
  • :

SpaceX akan Hadirkan Koneksi Internet di Planet Mars

MAJALAH ICT – Jakarta. Starlink, megakonstelasi SpaceX dari 12.000 satelit kecil yang diterbangkan oleh para astronom, akan menjadi tulang punggung bagi jaringan “internet luar angkasa” di masa depan yang menghubungkan Bumi ke Mars.

CEO Elon Musk mengatakan dia juga berencana untuk menyebarkan “internet Mars,” yang akan melihat satelit SpaceX yang mengorbit Planet Merah, untuk penjajah manusia pertama di Mars. Penjajah Mars pada akhirnya akan membutuhkan internet mereka sendiri karena sinyal dari Bumi ke Mars akan memakan waktu empat hingga 24 menit untuk diselesaikan tergantung pada jarak Mars dari Bumi.

Musk berencana untuk mendaratkan manusia pertama di Mars, dan membangun koloni manusia pertama di planet yang jauh ini pada dekade 2030-an.
Jelas tidak ada serat optik atau kabel atau apapun di Mars, katanya di depan audiensi yang menghadiri simposium di Seattle tentang inisiatif internet ruang angkasa generasi berikutnya.

“Kita bisa menggunakan struktur Starlink dan memanfaatkannya untuk meletakkan sistem internet di Mars,” katanya. “Kita akan membutuhkan komunikasi bandwidth tinggi antara Bumi dan Mars dan sistem Starlink akan menyediakan ini.”

Starlink adalah megaconstellation yang akan membentuk tulang punggung dari sistem komunikasi internet berbasis ruang baru. 60 satelit pertama dari megaconstellation masif ini yang pada akhirnya akan terdiri dari hampir 12.000 satelit telah mengorbit pada 23 Mei. Operasi komersial harus dimulai pada tahun 2020.

Namun, para astronom mengeluhkan ini lebih awal dari 60 yang pertama
satelit sudah menurunkan pengamatan mereka tentang Semesta. Mereka juga memperingatkan bahwa menambahkan 12.000 satelit lagi akan sangat merusak pengamatan di masa depan yang dilakukan dari Bumi.

Internet Mars SpaceX juga akan memungkinkan sistem GPS Mars global yang akan membantu kolonis dalam menjelajahi Planet Merah. Ini juga akan mengirimkan laporan cuaca instan, dan membantu melacak badai debu mematikan dan masif yang terus-menerus menyelimuti planet ini menjadi debu yang mematikan.
“Mars sebenarnya adalah tempat yang relatif mudah untuk membangun internet lokal karena Anda tidak perlu tinggal di mana-mana di Mars,” kata Musk.

“Jadi Anda benar-benar hanya perlu empat satelit untuk memiliki jangkauan global karena seberapa jarang peradaban itu akan berada di Mars.

“Anda kemudian akan membutuhkan beberapa satelit relay untuk mendapatkan (data) kembali ke Bumi, terutama ketika Mars berada di sisi lain Matahari. Anda perlu memantulkannya melalui satelit relai. Anda tidak dapat berkomunikasi langsung dengan Mars dari Bumi. ”

 

Loading...




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *