Search
Rabu 17 Oktober 2018
  • :
  • :
spacex-merah-putih

SpaceX Falcon 9 Pembawa Satelit Merah Putih akan Mengangkasa pada 7 Agustus Pukul 12:18 WIB

MAJALAH ICT – Jakarta. Roket SpaceX Falcon 9 yang akan meluncurkan satelit Merah Putih milik PT Telekomunikasi Indonesia ke orbit transfer geostasioner (GTO) NET, akan mengangkasa pada 7 Agustus Pukul 12:18 WIB atau 01:18 waktu. Nama Merah Putih mewakili bendera Indonesia merah dan putih, dan satelit akan meningkatkan layanan telekomunikasi di seluruh negeri, India, dan area lain dari Asia Selatan dan Tenggara.

Satelit Merah Putih akan menempati slot orbitnya 108 derajat Bujur Timur (108 BT). Satelit Merah Putih membawa 60 transponder aktif yang terdiri dari 24 transponder C-Band dan 12 transponder Extended C-Band yang akan melayani wilayah Asia Tenggara, termasuk Indonesia, serta 24 transponder C-Band yang akan menjangkau kawasan Asia Selatan. Satelit ini mengandalkan platform SSL 1300 dengan usia desain 16 tahun.

Pembangunan Satelit Merah Putih melibatkan 2 perusahaan Amerika Serikat, yakni SSL sebagai pabrikan pembuat satelit serta SpaceX sebagai perusahaan penyedia jasa peluncuran satelit. SSL adalah manufaktur satelit yang ternama dan berhasil menuntaskan pembangunan Satelit Merah Putih lebih cepat dari jadwal. Selanjutnya Satelit Merah Putih akan diluncurkan menuju slot orbitnya menggunakan Roket Falcon 9 milik SpaceX.

Saat ini, Satelit Merah Putih telah berada di dalam Fairing kendaraan peluncur Falcon 9, dan dalam waktu dekat akan memasuki proses rolling out dari lokasi penyimpanan ke SLC 40 tempat peluncuran dilaksanakan.

 




Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *