Search
Minggu 15 Desember 2019
  • :
  • :

Tak Lagi Butuh Satelit, Palapa Ring Paket Barat untuk Natuna Tuntas Pertengahan 2018

MAJALAH ICT – Jakarta.Pemerintah akan menyelesaikan Proyek Palapa Ring Paket Barat, khususnya di wilayah Kabupaten Natuna pada pertengahan tahun 2018 mendatang. “Pemerintah akan menyelesaikan pembagunan Proyek Palapa Ring di wilayah Natuna sebagai pengganti satelit pada pertengahan 2018 mendatang. Karena melihat Natuna sebagai wilayah yang strategis dan seiring itu pula akan diikuti pembangunan jaringan oleh operator,” jelas Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara pada Temu Wicara dengan Masyarakat Kabupaten Natuna usai Peresmian Pencanangan Gerakan Pembangunan Terpadu Kawasan Perbatasan (Gerbangdutas) di Gedung Sri Serindit, Ranai, Natuna.

Menteri Rudiantara menjawab pertanyaan masyarakat yang mengeluhkan bahwa di Natuna jaringan telekomunikasi yang masih lemah. ”Palapa Ring Paket Barat yang salah satunya ada di Natuna, pembangunannya telah mencapai 60%. Palapa Ring itu kita andaikan sebagai urat nadi yang ada dalam tubuh kita sementara pembuluh-pembuluh halusnya akan diteruskan dibangun oleh para operator,” tandas Menkominfo.

Menurut Menteri Kominfo, setelah jaringan itu terbangun, diharapkan akses telekomunikasi di Natuna akan setara dengan Batam. “Palapa Ring Paket Barat di Natuna akan menghubungkan Natuna ke sebelah timur yakni Singkawang, ke sebelah barat ke wilayah Tarempa, kemudian Batam terus ke Dumai dan terus bagian selatan Provinsi Riau. Apabila sudah bisa dioperasikan, nantinya jaringan di Natuna akan kurang lebih sama dengan di Batam,” tutur Rudiantara.

Secara teknis Menteri Rudiantara menyebutkan pemasangan jaringan telekomunikasi dilakukan melalui kabel laut. “Di Batam sudah disambungkan dengan kabel laut. Di Natuna disambungkan dengan satu kabel laut untuk kiri dan kanan. Hal ini untuk menghindari kerusakan jika ada pengerukan oleh kapal laut maka jaringan masih dapat berfungsi,” tandas Menkominfo Rudiantara.

Secara khusus, Menteri Kominfo mengharapkan Pemerintah Kabupaten Natuna untuk memudahkan pengurusan izin lahan bagi pembangunan Proyek Palapa Ring. “Sehingga nantinya Palapa Ring Paket Barat tidak terhambat dalam pengoperasiannya,” tuturnya.

Pencanangan Gerbangdutas dihadiri Menteri Koordinator Bidang Polhukam Wiranto yang menjadi Ketua Pengarah Pengawas Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan (BNPP). Selain itu hadir pula Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo yang juga Ketua BNPP, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun serta Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal.

Usai temu wicara dengan masyarakat Kabupaten Natuna, rombongan Menkopolhukam dan para Menteri teknis melakukan kunjungan lapangan yang terlebih dahulu dengan meresmikan Peluncuran Angkutan Bus DAMRI untuk Bandara Ranai, Natuna. Setelah itu rombongan mengunjungi pembangunan Network Operation Center (NOC) Proyek Palapa Ring Paket Barat yang terletak di Kelurahan Bandarsyah, Ranai dan Terminal baru Bandara Ranai yang sebelumnya telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo serta mengunjungi Pelabuhan Penyebarangan Ro-ro Penagi Kabupaten Natuna.

 

Loading...




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *