Search
Sabtu 21 September 2019
  • :
  • :

Telkom Siapkan Solusi "Smart Building"

MAJALAH ICT – Jakarta. PT. Telekomunikasi Indonesia (Telkom) mendukung kebijakan pemerintah terkait dengan penerapan Pergub DKI Jakarta No 38 tahun 2012 tentang bangunan atau gedung hijau dengan solusi ICT yang terpadu dan handal. Karena itu, Telkom mendukung acara Greenright and Green Building Expo & Conference 2013 yang diselenggarakan oleh Green Building Council Indonesia akan digelar pada tanggal 10-13 April 2013, di Assembly Hall Jakarta Convention Center (JCC).

Telkom menjadikan ajang ini sebagai media komunikasi untuk menyampaikan kesiapan Telkom dalam mendukung implementasi Green Building kepada para konsultan, building owner, building management dan para penghuni gedung (tenant) dalam kerangka program Telkom Indonesia Digital Ecosystem (Indico). Pada acara tersebut Telkom juga akan membahas mengenai Green ICT di Indonesia melalui Diskusi Panel terutama update teknologi terkini tentang solusi Smart Building dengan disain infrastruktur terpadu antara ICT dan elektronik gedung yang efektif dan efisien melalui IBMS (Integrated Building Management System)

Dengan konsep smart-building, penggunaan listrik akan lebih hemat dan ramah lingkungan, informasi juga dapat disalurkan dengan cepat, cahaya dan udara akan lebih bersih dengan suhu yang sesuai dan alami, dan tentu saja impactnya adalah kepada para penghuni bangunan tersebut.
 
Smart-building juga memungkinkan terbentuknya sebuah smart city. Sebuah kota yang bangunan-bangunannya seolah hidup dengan struktur bangunan yang dinamis. Antar bangunan juga dapat saling berkomunikasi sama lain, berbagi energi, informasi, dan banyak hal lainnya.
 
 
Penerapan konsep green building dapat dilakukan dalam berbagai unsur mulai dari bahan bangunan, desain, sampai perawatan bangunan dengan memanfaatkan teknologi canggih. Dalam mendirikan green bulding yang memenuhi standar, sistem LEED (Leadership in Energy and Environmental Design) dijadikan sebagai acuan. LEED adalah sistem penilaian green building dirumuskan US Green Building.
 
Acara ini akan dihadiri oleh Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo. Selain Jokowi, Menteri Lingkungan Hidup, Menteri Pekerjaan Umun, Menteri Perumahan Rakyat, serta pengusaha besar seperti Chairul Tanjung juga akan menghadiri acara ini.
 
Kebutuhan gedung dengan dukungan teknologi informasi (IT) yang modern diprediksi akan terus meningkat seiring popularitas konsep Smart and Green Building yang kian populer di Indonesia. Karena, selain lebih hemat energi, Smart Building juga bisa mengurangi kebutuhan staf operasional, sehingga mampu menghemat pengeluaran perusahaan. It’s your right to be green!

Loading...




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *