Search
Senin 16 September 2019
  • :
  • :

Telkomsel Klaim Jadi Operator ke-6 Terbesar di Dunia

MAJALAH ICT – Jakarta. PT Telkomsel mengklaim dirinya sebagai operator ke-6 terbesar di dunia. Hal itu diungkapkan oleh Direktur Utama Telkomsel Alex J. Sinaga dalam acara Penandatangan Perjanjian Kerjasama Telkomsel dengan Lion Air di Jakarta.

Menurut Alex, Telkomsel berada di posisi 6 operator terbesar dunia dalam hal jumlah pelanggan yang saat ini diketahui lebih dari 125 juta pelanggan. "Telkomsel saat ini merupakan operator nomor 6 terbesar di dunia, bersaing dengan negara lain yakni ada dua di China, dua di India dan satu di Eropa," jelas Alex.

Itu berarti, kata Alex, posisi Telkomsel naik satu peringkat dibandingkan pada periode Oktober 2012 dimana bahwa Telkomsel berada di posisi 7 operator terbesar dunia dengan 121 juta pelanggan.

 Dijelaskan Alex, saat ini Telkomsel telah membangun  lebih dari 45 Data Center perangkat telekomunikasi, 3 Data Center IT, serta 54 ribu BTS, termasuk diantaranya 15 ribu BTS 3G dan 17 BTS yang terapung di kapal PELNI.



Setelah menempatkan sinyalnya di kapal laut Pelni, kini Telkomsel juga ingin mengisi sinyal pesawat-pesawat Lion Air. Bukan hanya untuk komunikasi suara dan SMS, tapi juga internet. Namun, regulasi menjadi kendala implementasinya.

 

Dijelaskan Direktur Sales Telkomsel Mas’ud Khamid, dengan ditandatanganinya kerja sama, maka nantinya jika sistem komunikasi di pesawat Lion Air telah diimplementasikan maka para penumpang bisa menikmati sinyal Telkomsel. Namun begitu, Mas’ud belum bisa memastikan kapan solusi berkomunikasi di udara ini akan diimplementasikan. Menurut Mas’ud, konektivitas di dalam pesawat, apakah WiFi atau langsung ke ponsel hanyalah persoalan teknis yang bisa diatasi. "Tapi yang terpenting harus sesuai dengan standar regulasi telekomunikasi dan regulasi penerbangan. Regulasi ini masih jadi kendali, bukan teknis," lanjutnya.

Sambil menunggu realisasi komunikasi di udara itu, untuk tahap awal Telkomsel akan menggelar layanan-layanan dasar seperti menjual voucher di pesawat untuk penumpang domestik atau dari luar negeri. "Untuk triwulan ini kami akan mulai yang dasar-dasar dahulu karena untuk implementasi teknologi komunikasi di pesawat bukan hal yang mudah. Tapi bukan berarti hal itu tidak mungkin karena teknologi itu sudah memungkinkan," paparnya.

Selain jualan voucher di pesawat, Telkomsel juga mendukung operasional bisnis Lion Air dengan berbagai layanan Corporate Business Solutions, diantaranya Halo Corporate, push mail BlackBerry, Mobile VPN, Telkomsel Flash, dan Bulk Data Package. 

Loading...




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *