Search
Minggu 21 Juli 2019
  • :
  • :

Tingkatkan Kapabilitas Guru, Ruangguru Berikan Pelatihan Kepada Ratusan Guru di Padang Panjang

MAJALAH ICT – Jakarta. Kesiapan guru merupakan faktor kunci dan penentu keberhasilan dalam mewujudkan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan era industri 4.0. Hari ini, pemerintah kota Padang Panjang mengumumkan kerjasamanya bersama Ruangguru, penyedia layanan pendidikan berbasis teknologi terbesar di Indonesia, sebagai pendukung dalam program pembinaan para guru untuk meningkatkan kemampuan sekolah dan para guru-guru di kota Padang Panjang. Program yang dinamakan Indonesia Teaching Fellowship (ITF) ini adalah program pembinaan dan pengembangan guru dari Ruangguru dimana ratusan guru terpilih melalui seleksi untuk mengikuti program ini, akan mendapatkan pelatihan offline, akses penunjang proses belajar mengajar berbasis teknologi dalam ruangbelajar for teacher pada aplikasi ruangkerja selama 1 tahun penuh. Pemerintah kota Padang Panjang juga akan disediakan dashboard khusus untuk bisa memonitor, mengelola dan mengevaluasi pembelajaran para guru.

Kerjasama dengan kota Padang Panjang ini menambah daftar panjang kerjasama Ruangguru dengan pemerintah daerah dimana saat ini sudah bermitra dengan 32 (dari 34) pemerintah provinsi dan lebih dari 326 pemerintah kota dan kabupaten di Indonesia. Khusus untuk pelatihan program pembinaan dan pengembangan guru (Indonesia Teaching Fellowship) sudah dilaksanakan di 18 kabupaten kota di Indonesia.

Chief of Product and Partnership Officer (CPO) dan pendiri Ruangguru, Iman Usman mengatakan, “Kerjasama ini merupakan bentuk komitmen Ruangguru dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Kami percaya bahwa kita perlu melahirkan lebih banyak juara di sekolah, dan guru-guru berada di garda terdepan dalam mengembangkan pendidikan di Indonesia. Program ini akan memberikan materi-materi seperti strategi pembelajaran, perencanaan kurikulum, pembelajaran digital, wawasan pendidikan, keberagaman dalam pendidikan, kompetensi guru sosial agar para guru bisa mengatur strategi serta menjadi guru yang memotivasi dan komunikatif. Harapannya program ini dapat memberikan pembelajaran yang relevan dengan tuntutan abad 21”.

“Kami sangat gembira bisa melakukan kerja sama ini karena Ruangguru sudah dikenal sebagai pionir dalam pembelajaran berbasis teknologi, ini sejalan dengan tujuan kami untuk mempersiapkan dan membekali para guru agar mampu menguasai strategi, metode dan teknik pembelajaran abad 21 dan era industri 4.0 (flip classroom, blended learning, dan project based learning serta metode pembelajaran lainnya yang telah teruji) sesuai jenjang dan mata pelajaran, menerapkan pembelajaran berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS), menguasai teknologi informasi sebagai sarana dan media pembelajaran, memberdayakan semua potensi yang ada untuk pembelajaran di kelas dan di luar kelas dan menjadi guru pembelajar yang disenangi oleh siswa.” ujar Fadly Amran, Wali Kota Padang Panjang.

 

Loading...




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *