Search
Senin 12 April 2021
  • :
  • :

Tokobagus.com Bertekad Tingkatkan Perekonomian Lewat E-Commerce

MAJALAH ICT – JAkarta. Platform e-commerce Tokobagus.com bertekad untuk bisa memberikan kontribusi yang lebih bagi pertumbuhan ekonomi nasional lewat e-commerce. Tokobagus sendiri mewadahi seluruh aspek ekonomi masyarakat dengan mudah, mulai segmen UKM, menengah dan industri dengan lebih dari 3 juta members dan jutaan produk yang ditampilkan.

Demikian diungkap Ichwan Sitorus, PR Manager Tokobagus.com setelah Tokobagus.com menerima penghargaan bergengsi Selular Award sebagai The Best Online Store Application. “Saya datang memenuhi undangan, tapi ternyata mendapatkan award untuk kategori Best Online Store Application, ini kategori pertama kali di berikan dalam ajang Selular Award ke-10 ini, dan berdasarkan survei yang digelar, dan serangkaian penilaian, kategori tersebut layak didapatkan oleh Tokobagus.com,” kata Ichwan.

Seperti penyelenggaraan Selular Award tahun-tahun sebelumnya, pada penyelenggaraan yang ke-10 ini GSM ( Global Selular Media) Group sebagai penyelenggara menggunakan dua metode penilaian untuk beberapa kategori penghargaan. Metode polling via online dan SMS, dari dua metode tersebut di dapatkan responden 6547 dengan komposisi 72 % dari polling online dan 28 % dari SMS.Selain polling GSM group menggunakan metode panel redaksi yang melibatkan ketiga institusi media di bawah GSM grop yakni Selular,Tabloid Handphone dan Selular Online.

Gatot S Dewa Broto, Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia mengatakan selamat untuk Tokobagus.com. "Kita appreciate dan mohon tidak hanya dipertahankan kalau bisa tahun depan tetap bisa mendapatkan award yang lain dan dari event lain, serta tentunya yang juga lebih baik lagi dan jangan lupa nomer 1 adalah konsumen,” kata Gatot. “Saya memonitor semua e-Commerce yang ada, saya kira Tokobagus selama ini sesuai dengan namanya, memang bagus. Saat saya mewakili Pak Tifatul Sembiring  saat acara e-Commerce di kuningan (ITEC award—Price area, November 2012) Tokobagus dapat hadiah juga dan sepertinya memang identik setiap kali ada event award, Tokobagus m

""

endapat penghargaan. Pointnya hanya sederhana hubungan dengan konsumen, kualitas dan jangan berbenturan dengan peraturan, pokoknya kalau bisa jangan langgar. Selama itu baik silahkan, pemerintah tidak akan ngerecokin, itu urusan market driven dan semoga akan hadir Tokobagus tokobagus yang lain, menjadi partnering menjadi inspiring bagi company lain yang serupa. Karena kita tahu sekarang di Indonesia yang namanya eCommerce sedang booming. Masyarakat menaruh kepercayaan yang tinggi jadi jangan sampai menyalah gunakan kepercayaan yang ada,” ujar Gatot.

Dalam pantauan Majalah ICT, bisnis perdagangan elektronik (e-commerce) sedang bergairah. Dalam catatan Direktorat E-Business Kementerian Komunikasi dan Informatika, bisnis ini berpotensi memutar uang sebesar Rp. 330 triliun. Angka yang cukup fantastis.

Tak mengherankan jika kini sudah puluhan pemain yang terjun ke dalam bisnis ini. Sebut saja Plasa.com, Kaskus.us, Multiply.com, Tokobagus.com, Blibli.com maupun Rakuten Belanja Online (RBO).

Pengguna situs belanja online di Indonesia saat ini tidak sedikit. Seperti Multiply.com, pengguna sudah mencapai tiga jutaan dengan 80.000 merchant. Sementara Blibli.com memiliki 300 merchant partner dengan rata-rata transaksi 200-300 per hari. Di Kaskus lebih cerah, terjadi 38 juta transaksi per bulan.

Walaupun pasar terbuka lebar, Indonesia ICT Institute melihat ada tiga tantangan utama dalam bisnis online di Indonesia. Pertama, mengubah budaya yang tadinya beli di toko dengan melihat langsung barang, berubah dengan secara onlineKedua, kejelasan aturan yang memayungi dan melindungi transaksi bisnis online. Dan ketiga,banyaknya penipuan jual barang mendompleng bisnis online.




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *