Search
Senin 16 September 2019
  • :
  • :

umma Ajak Pengguna Bersama-Sama Mendapat Berkah Ramadhan Melalui Program “Rummah”

MAJALAH ICT – Jakarta. Sejalan dengan misi untuk mengajak pengguna bersama-sama menjadi muslim yang lebih baik (khairu ummah) melalui pemanfaatan teknologi dan kecerdasan buatan (AI), umma – platform muslim berbasis komunitas terdepan yang didirikan anak muda Indonesia, hari ini meluncurkan program Ramadhan Ummah (“Rummah”). Program yang dibuat khusus menyambut bulan suci Ramadhan 1440 H tersebut akan memudahkan pengguna dalam beribadah, belajar serta berdonasi bersama dengan pengguna lainnya.

Dalam acara peluncuran bersama media yang digelar hari ini, Indra Wiralaksmana, CEO dan Co-Founder umma, memaparkan, “Ramadhan merupakan bulan yang spesial bagi umat muslim, di mana umat muslim selalu berlomba-lomba untuk melakukan kebaikan guna mendapatkan keberkahan Ramadhan. Untuk membantu umat muslim semakin mudah beribadah dan bersama-sama menjadi khairu ummah, di Ramadhan tahun ini kami menghadirkan fitur Ramadhan khusus. Di mana, fitur ini menjadi one stop solution untuk para pengguna kami untuk lebih mudah beribadah dan melakukan berbagai amalan di bulan suci.”

Selama bulan Ramadhan, konten-konten terkait Ramadhan menjadi salah satu konten yang paling banyak diakses oleh para umat muslim. “Berdasarkan data internal di Ramadhan tahun lalu, konten yang paling banyak diakses para pengguna kami selama periode Ramadhan adalah konten-konten seperti keutamaan Ramadhan, amalan-amalan mulia di Bulan Ramadhan, do’a-do’a Ramadhan, dan bahkan sampai dengan resep makanan untuk sahur dan berbuka puasa. Konten informatif seperti inilah yang membedakan kami dengan aplikasi lain. Di umma, pengguna bisa menemukan berbagai konten keagamaan untuk menunjang ibadah Ramadhan cukup dengan satu fitur. Cukup satu klik untuk Ramadhan lebih barokah,” ujarnya.

Indra melanjutkan, Program Rummah yang merupakan fitur khusus Bulan Ramadhan dari umma, menawarkan berbagai konten penunjang pelaksanaan ibadah sepanjang bulan suci, mulai dari:
Penunjang Beribadah – Terdiri dari waktu sholat dan penunjuk arah kiblat yang dapat digunakan di lokasi manapun berbasis GPS.

Memperdalam Ajaran Agama – Melalui beragam artikel siraman rohani dan berbagai video kajian ustad, kaum muslim dapat menambah pengetahuan mengenai agamanya. Konten yang ada dipersonalisasi sesuai ketertarikan pengguna dengan memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan.

Konten Ramadhan – Bacaan-bacaan dan tips bermanfaat termasuk resep-resep makanan untuk membantu umat menjalankan ibadah puasa dengan baik dan meraih kesuksesan Ramadhan.

Mutaba’ah Yaumiyah – Fitur untuk merekam kegiatan ibadah pengguna sehari-hari di sepanjang Bulan Ramadhan. Melalui Mutaba’ah Yaumiyah pada aplikasi umma, pengguna akan mendapatkan poin untuk setiap aktivitas ibadah dan amalan harian yang telah dilakukan dan direkam. Poin yang terkumpul dapat kemudian didonasikan oleh pengguna dalam bentuk uang tunai ke badan amal yang dipilih oleh pengguna tersebut.

Fitur Mutaba’ah Yaumiyah, kata Indra, merupakan perwujudan dari misi umma untuk mengajak para penggunanya bersama-sama menuju kebaikan. Setiap poin yang dihasilkan pengguna umma dari aktivitas ibadah mereka akan dikonversi menjadi donasi yang akan disalurkan oleh umma melalui Dompet Dhuafa dan Kitabisa.com sesuai dengan program donasi yang dipilih pengguna. “Kami berharap pengguna umma bisa mewujudkan ketercapaian target total donasi Rp 1 miliar melalui fitur Mutaba’ah Yaumiyah yang ada,” ujarnya.

Kerja sama umma dengan GOJEK: Kemudahan Beribadah untuk Lebih Banyak lagi Umat Muslim Indonesia

Dalam peluncuran program Rummah hari ini, umma juga menandatangani nota kesepahaman dengan GOJEK, Super App penyedia layanan on-demand terdepan di Asia Tenggara sebagai bentuk penegasan komitmen kedua belah pihak untuk terus memanfaatkan teknologi guna memudahkan kehidupan masyarakat. Kali ini, komitmen tersebut dituangkan melalui penyediaan fitur informasi waktu sholat dalam aplikasi GOJEK.

Sony Radhityo, Head of Third-Party Platform GOJEK, mengatakan, “Di GOJEK, kami selalu berupaya untuk melahirkan inovasi yang dapat memudahkan kehidupan masyarakat, serta memberikan dampak sosial. Ekosistem GOJEK dirancang sedemikian rupa agar layanannya dapat terus berkembang, sesuai dengan apa yang menjadi kebutuhan masyarakat. Third Party Platform ini menjadi vehicle kami untuk terus menjalin kerja sama dengan para mitra bisnis terdepan di bidangnya, untuk dapat memberikan lebih banyak lagi solusi bagi para pelanggan kami. Menyambut bulan Ramadhan, kami berkolaborasi dengan umma untuk menghadirkan fitur informasi waktu sholat bagi para pelanggan kami.”

Sementara itu, Indra juga mengatakan bagaimana kerja sama antara dua anak bangsa ini menjadi salah satu langkah penting perjalanan umma. “Kami yakin kerja sama dengan GOJEK yang merupakan aplikasi on-demand yang paling banyak digunakan di Indonesia ini dapat memperluas jangkauan umma sehingga kami dapat memberikan lebih banyak lagi pengalaman beribadah terbaik bagi umat muslim di Indonesia, terutama memasuki bulan suci Ramadhan,” tutup Indra.

 

Loading...




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *