Search
Jumat 25 September 2020
  • :
  • :

Uni Eropa Sepakat Akhiri Biaya roaming Antar Negara 15 Juni 2017

MAJALAH ICT – Jakarta. Hari-hari terkena tagihan ponsel yang membengkak ketika berada di luar negeri di kawasan Eropa akan segera berakhir. Hal itu setelah disepakatinya untuk pengakhiran biaya roaming di Eropa. Parlemen Eropa telah memperdebatkan inisiatif selama beberapa tahun dan akhirnya ditetapkan bahwa pada 15 Juni 2017 biaya penggunaan ponsel di luar negeri akan sama dengan biaya di negara asal. 

Meski masih menunggu Juni 2017, namun selama masa periode transisi, sudah diterapkan beberapa perubahan pentarifan dimana ada penurunan yang signifikan pada biaya tambahan roaming data. Dari April 2016 sampai Juni 2017, untuk panggilan akan ada biaya 0,05 Euro per menit, 0,02 Euro per SMS, dan 0,05 Euro per megabyte data. Biaya atas ini efektif memanfaatkan ponsel luar negeri di Eropa 75% lebih murah dari sebelumnya, menurut Komisi Eropa.

Sementara semua ini terdengar seperti kabar baik dan kemenangan besar bagi konsumen, tetap ada beberapa yang kritis terhadap ide ini dimana dikatakan bahwa konsumen akhirnya akan membayar harga dan tidak akan ada pengaruh apa-apa pada mereka yang tidak melakukan perjalanan. Beberapa percaya bahwa perusahaan telekomunikasi akan menemukan cara untuk menutup kerugian dengan meningkatkan tarif dalam negeri, yang tidak akan adil bagi mereka yang tidak melakukan perjalanan dan tidak akan mendapatkan keuntungan dari perubahan.

Loading...




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *