Search
Kamis 26 November 2020
  • :
  • :

Untuk Memperkuat Akses Informasi di Wilayah 3T, Kominfo Sediakan Akses Internet di Pulau Alor

MAJALAH ICT – Jakarta. Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI) melaksanakan Program Penyediaan Akses Internet di Pulau Alor, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Program ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mengatasi kesenjangan akses informasi terutama di wilayah 3T (terdepan, terluar, tertinggal).

Saat ini, telah hadir layanan akses internet yang disediakan oleh BP3TI di 4 (empat) lokasi di Pulau Alor. Keempat lokasi tersebut yaitu SD Negeri Benlelang, SMTK Alor, SMKN Bukapiting dan SMKN Mali. Layanan akses internet tersebut menggunakan teknologi VSAT dengan kapasitas bandwidth 4 Mbps dengan pembiayaan dana KPU USO.

Kehadiran program layanan akses internet di Kabupaten Alor merupakan wujud karya nyata pemerintah bagi warga Alor. Ini menunjukkan bahwa pembangunan di daerah terdepan tidak hanya dilakukan oleh pemerintah daerah, namun juga pemerintah pusat ikut hadir di tengah masyarakat Alor. Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Alor, Amon Njobo dalam sambutannya di kegiatan peninjauan Layanan Akses Internet di SD Negeri Benlelang, Kabupaten Alor (16/8). “Kehadiran Menkominfo memberikan harapan baru bagi Masyarakat Alor terutama di bidang komunikasi dan informatika.”, ujar Amon lebih lanjut.

Martinus Hiyetinkay selaku pengawas SD Benlelang menyambut positif hadirnya akses internet di Pulau Alor. “Kami berharap, dengan hadirnya internet disini, SD Negeri Benlelang dapat ikut menyelenggarakan ujian online di Pulau Alor ini.” ujar Martinus. Martinus juga berpesan agar program-program pembangunan ICT seperti ini dapat terus dilaksanakan terutama untuk mendorong pendidikan di daerah agar lebih baik lagi.

Program penyediaan akses internet merupakan perwujudan dari program Nawacita ke-3 untuk membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan. Pemerintah memastikan SDM baik di Alor, Kupang, Jakarta dan daerah manapun di Indonesia memiliki hak yang sama untuk mendapatkan akses internet.

Pada kesempatan yang sama, Menkominfo Rudiantara berpesan kepada para guru untuk memastikan penggunaan akses internet oleh adik-adik pelajar agar benar-benar dimanfaatkan untuk hal-hal yang bersifat positif. “Mudah-mudahan bantuan layanan akses internet ini bisa bermanfaat,” ujar Rudiantara.




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *