Search
Senin 14 Oktober 2019
  • :
  • :

Vaksincom Rilis 22 Situs Berbahaya di Indonesia

MAJALAH ICT – Jakarta. Dalam evaluasi Malware Online di Indonesia Januari 2013 ini, Vaksincom memberikan informasi 20-an halaman situs Indonesia yang terdeteksi mengandung malware sehingga perlu diwaspadai pengunjung situs yang tidak dilengkapi perlindungan atas ancaman malware dari browser. Kebanyakan malware ini ditanamkan  dengan mengeksploitasi celah keamanan situs dan beberapa situs lain merupakan aksi dari malware komputer seperti Ramnit yang sampai saat ini masih aktif wara-wiri di Indonesia.

Menurut Alfons Tanujaya dalam laman vaksin.com, korban malware online bervariasi, terbanyak berasal dari kalangan akademisi, baik SMP, Politeknik atau Universitas terkenal sekalipun dapat menjadi korbannya. Diikuti oleh lembaga pemerintahan baik departemen atau perusahaan dan anak perusahaan BUMN banyak yang menjadi korban malware online dan aktif menjalankan aksinya kepada pengunjung situs yang terinfeksi tersebut. Lalu golongan terakhir adalah golongan swasta, baik bisnis maupun nirlaba, perusahaan besar dari yang go publik, dimiliki oleh jaringan perusahaan internasional tidak menjamin aman dari serangan malware online.

Demikian pula organisasi filantropi yang kerjanya menolong orang juga tidak luput dari infeksi malware ini. Apalagi perusahaan dengan orientasi laba seperti satu perusahaan obat gosok dengan nama sangar kerasakti, namun kali ini kerasakti kurang sakti karena terinfeksi malware Javascript JS:Trojan.Script.AAL yang akan melakukan banyak hal yang merugikan pengunjung situs, dari sekedar menampilkan pesan tertentu, mengalihkan trafik internet sampai mengirimkan malware ke komputer pengunjung situs dapat dilakukan jika diperintahkan oleh pembuat malware.

Adapun daftar 22 situs Indonesia yang sepanjang bulan Januari 2013 terdeteksi mengandung malware dapat di lihat pada gambar di bawah ini. Per tanggal 30 Januari 2013, mayoritas situs masih mengandung malware dan belum dibersihkan. Beberapa administrator situs yang dihubungi Vaksincom bereaksi baik dan cepat sekali mengantisipasi infeksi malware pada situs yang dikelolanya. Hal ini memang penting karena secara tidak langsung situs yang mengandung malware memberikan ancaman bagi pengunjungnya yang bisa saja pelanggan anda (jika anda perusahaan), rakyat anda (jika anda pemerintahan) atau principal dan supplier anda dan hal ini sudah pasti akan memberikan image buruk bagi citra perusahaan / organisasi.

 

""

Loading...




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *