Search
Kamis 20 Juni 2019
  • :
  • :

Waspada, Hacker akan Bisa Curi Password Kita dengan Mendengar Apa yang Diketik

MAJALAH ICT – Jakarta. Hacker atau peretas dapat segera mendapatkan informasi berharga Anda, seperti kata sandi dan kode PIN, hanya dengan mendengarkan saat Anda mengetik. Demikian laporan sebuah penelitian terbaru yang dilakukan oleh Universitas Cambridge dan Swedia menunjukkan Universitas Linkoping.

“Ketika pengguna mengetuk layar dengan jari, ketukan menghasilkan gelombang suara yang merambat di permukaan layar dan di udara. Kami menemukan mikrofon perangkat dapat memulihkan gelombang ini dan ‘mendengar’ sentuhan jari, dan distorsi gelombang adalah karakteristik lokasi keran di layar, “kata penelitian itu dalam pengantar. “Oleh karena itu, dengan merekam audio, aplikasi jahat dapat menyimpulkan teks ketika pengguna memasukkannya ke perangkat mereka.”

Aplikasi mata-mata dapat diinstal oleh korban sendiri atau ponsel dengan aplikasi yang sudah diinstal sebelumnya dapat diberikan kepada korban. Seringkali pengguna tidak keberatan ketika suatu aplikasi mengatakan bahwa ia perlu menggunakan mikrofon mereka, tetapi dalam hal ini, akses ke mikrofon bisa menjadi apa yang memungkinkan peretas untuk mencuri data pribadi orang tersebut.

Para peneliti menyarankan bahwa produsen ponsel pintar membuat lebih mudah bagi pengguna untuk mengetahui kapan mikrofon ponsel mereka menyala, agar lebih waspada terhadap serangan. Cara lain adalah mengunduh aplikasi yang bisa membuat suara ketukan palsu untuk mengusir peretas.

Penelitian yang ditulis oleh Ilia Shumailov, Laurent Simon, Jeff Yan dan Paul Anderson, belum ditinjau secara peer atau dipublikasikan secara resmi, tetapi dapat diunduh di situs web untuk penelitian akademik yang dikelola oleh Cornell University.

Berkenaan dengan keamanan siber, umumnya sulit untuk mendapatkan virus di ponsel cerdas Anda, terutama jika Anda memiliki Android. Google biasanya memonitor Google Play store untuk memantau aplikasi jahat yang dapat menginfeksi ponsel Anda. Jika Anda memasang aplikasi di luar Google Play, bisa jadi gagasan untuk mengunduh aplikasi antivirus. Reset pabrik juga dapat menghapus virus dari ponsel Anda.

 

Loading...




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *