Search
Senin 26 Oktober 2020
  • :
  • :

Wi-Fi 6 akan Membawa Era Baru untuk Konektivitas

MAJALAH ICT – Jakarta. Akibat pandemi COVID-19, sebagian besar orang sekarang tinggal di rumah, baik untuk bekerja maupun belajar, terutama di DKI Jakarta yang sedang dalam kondisi PSBB Ketat. Dan Internet menjadi penolong untuk semua orang bisa tetap terhubung secara virtual. Apakah untuk menonton siaran favorit secara streaming, bekerja, sekolah, maupun bermain game bersama teman-teman, semuanya mengandalkan perangkat untuk tetap terhubung dengan dunia luar.

MediaTek menyediakan konektivitas yang kencang dan handal dengan berbagai solusi Wi-Fi yang canggih, sehingga para konsumen bisa melakukan lebih banyak dan berbagi lebih banyak pula. Bahkan, MediaTek merupakan penyedia Wi-Fi nomor satu untuk pita lebar, router ritel, perangkat elektronik konsumen serta gaming. Mengikuti persyaratan komputasi masa kini, seluruh chipset terbaru MediaTek sudah dilengkapi dengan dukungan Wi-Fi 6.

Kenapa diperlukan standar baru Wi-Fi 6

Kebutuhan bandwidth terus bertambah, karena meningkatan popularitas layanan streaming dan semakin banyaknya perangkat yang terhubung. Untuk memenuhi kebutuhan ini, industri memerlukan standar Wi-Fi baru dan menciptakan Wi-Fi 6. Keunggulan yang dimiliki Wi-Fi 6 dibandingkan generasi sebelumnya adalah di kecepatan yang lebih tinggi, efisiensi spektrum yang lebih baik dan latensi yang lebih rendah. Wi-Fi6 juga mendukung MU-MIMO (multi-user multiple-input and multiple-output) serta OFDMA (orthogonal frequency division multiple access), yang memegang peranan penting untuk menyediakan konektivitas handal bagi banyak perangkat dalam sebuah jaringan. Hal ini menjadi semakin penting karena konsumen sekarang menggunakan makin banyak perangkat cerdas di rumah.

Membuka pita 6GHz akan membantu menjawab kebutuhan yang terus bertambah akan bandwidth. Di Amerika Serikat, Federal Communications Commision (FCC) baru-baru ini mengadopsi peraturan baru untuk meningkatkan spektrum yang tersedia untuk Wi-Fi hampir lima kali lipat, dan negara-negara lain sedang mempertimbangkan hal yang sama. Perangkat-perangkat dengan dukungan Wi-Fi 6E akan mampu memanfaatkan tambahan spektrum untuk menghasilkan konektivitas yang lebih kencang.

Solusi Wi-Fi 6 apa yang ditawarkan MediaTek

MediaTek sekarang berfokus dalam menghadirkan solusi-solusi lanjut Wi-Fi 6 ke industri untuk pasar-pasar dengan pertumbuhan tinggi: router ritel, kanal broadband operator, perangkat elektronik konsumen, gaming, IoT, serta tentu saja mobile dan smartphone. Chipset-chipset Wi-Fi 6 kami mendukung berbagai teknologi seperti EasyMesh, MU-MIMO, dan OFDMA untuk kehandalan konektivitas bahkan ketika ada banyak perangkat yang terhubung ke jaringan.

Mentenagai router-router rumah, komersil dan enterprise dari merek-merek seperti D-Link dan TP-Link, chipset kombo MediaTek MT7915 Wi-Fi 6 dan Bluetooth 5 mencatat berbagai pencapaian pertama di industri, seperti mengintegrasikan penerima RF khusus dengan pengawasan kanal DFS (dynamic frequency selection) zero-wait untuk konektivitas lebih handal. SoC 5G Dimensity 1000 juga dilengkapi dengan dukungan Wi-Fi 6. Chip ini merupakan contoh bagaimana Wi-Fi 6 dan 5G bersama-sama bisa menghadirkan konektivitas lengkap bagi smartphone, mendukung konektivitas tercepat dan paling efisien di manapun lokasi pengguna.

Selain itu, MediaTek dan Samsung baru-baru ini juga mengumumkan televisi 8K Wi-Fi 6 pertama di dunia, yang dilengkapi dengan chipset khusus Wi-Fi 6 dari MediaTek. Menggabungkan pencitraan 8K premium dan konektivitas berkecepatan tinggi, televisi cerdas yang luar biasa ini akan membantu membawa pengalaman hiburan ke tingkat berikutnya.

Potensi Wi-Fi 6 untuk televisi cerdas

Televisi memainkan peran yang semakin besar sebagai inti dari rumah cerdas, dan pengguna juga semakin bergantung pada televisi sebagai pusat hiburan dan sekaligus sebuah antarmuka mudah untuk mengendalikan gawai-gawai rumah cerdas. Selain untuk menonton acara dan film favorit, konsumen menggunakan televisi cerdas untuk berkomunikasi dengan kerabat dan teman lewat chat video, terhubung ke aplikasi kebugaran untuk berolah-raga di rumah, dan masih banyak lagi. Pengguna juga bisa mengendalikan berbagai perangkat rumah cerdas langsung dari televisi, seperti memadamkan lampu sebelum menonton film atau mengaktifkan sistem keamanan rumah. Untuk mendukung berbagai aplikasi tersebut, sebuah koneksi yang kencang dan tanpa lag adalah penting bagi televisi cerdas.

Karena permintaan akan Wi-Fi 6 terus bertambah di industri televisi cerdas dan lain-lain, MediaTek terus berupaya untuk mendorong hadirnya era baru konektivitas dengan berbagai solusi inovatif.

Wi-Fi 6 untuk mobile

Untuk berbagai gawai mobile, 5G dan Wi-Fi 6 hadir bersama-sama supaya konsumen bisa mengalami konektivitas lancer. Jaringan-jaringan 5G ideal untuk konektivitas luar ruangan sementara Wi-Fi 6 untuk di dalam ruangan. Bersama-sama, solusi terintegrasi 5G dan Wi-Fi 6 memberikan tingkat konektivitas yang sama bagi pengguna di mana pun mereka berada. Bayangkan kita bisa mengunduh film dalam hitungan detik langsung di smartphone. Atau memainkan game favorit seperti Fortnite atau PUBG dengan konektivitas ultra-kencang dengan batere yang bertahan lama.

Bagaimana Wi-Fi 6 akan meningkatkan pengalaman konsumen

Ada tiga keuntungan utama yang bisa dialami konsumen dengan Wi-Fi 6: peningkatan kecepatan, dukungan untuk lebih banyak perangkat dan kinerja uplink yang lebih baik. Kecepatan yang lebih tinggi menyediakan pengalaman yang lebih baik ketika pengguna menonton di aplikasi Netflix, chat video dengan keluarga atau mendengarkan lagu dari Spotify. Memiliki sebuah koneksi Wi-Fi yang bisa mendukung banyak perangkat menjadi semakin penting karena pengguna mengunakan semakin banyak perangkat di rumah. Dan di sektor komersil, seperti bandar udara, stadion atau hotel, penting untuk memiliki Wi-Fi yang bisa mendukung banyak orang yang terhubung ke satu jaringan di saat yang sama. Kemudian, kinerja uplink yang lebih baik adalah penting bagi dunia kita yang berbasiskan aplikasi di mana kita berbagi konten setiap saat. Ini karena aplikasi bersifat dua-arah, yang artinya kita menerima data (downlink) dari Internet dan juga melakukan uplink dalam bentuk gambar, pesan suara, video, dan sebagainya. Wi-Fi 6 memang menjadi pengubah tatanan.

Oleh: Alan Hsu, General Manager, Intelligent Connectivity Business Unit, MediaTek

 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *