Search
Jumat 27 November 2020
  • :
  • :

Windows Phone Geser Posisi BlackBerry

MAJALAH ICT – Jakarta. Pertarungan antara mobile platform kian sengit. Android, iOS, Windows hingga BlackBerry memperebutkan posisi teratas untuk dipilih pengguna sebagai sistem operasi dalam perangkat ponsel maupun tablet. Posisi Android saat ini cukup sulit dikejar sebagai posisi teratas, yang dibayangi iOS. Masing-masing, Android dan iOs berhasil mempertahankan posisinya sebesar 79 persen dan 14,2 persen.

Sementara posisi ketiga, terjadi pertarungan seru. Informasi terkini, BlackBerry yang sebelumnya bercokol di tempat ketiga digeser Windows Phone sekarang seperti dilaporkan lembaga riset Gartner. Dalam laporan Gartner, Windows Phone berhasil meraih posisi ketiga dengan pangsa pasar sebesar 3,3 persen. Angka ini didapat dengan melihat perangkat yang mengadopsi OS tersebut. Hingga kuartal II, perangkat berbasis Winsows sudah terjual 7,4 juta unit di seluruh dunia, sementara perangkat BlackBerry hanya menjual 6,1 juta sehingga membuat posisi melorot menjadi peringkat ke-4 dengan pangsa sebesar 2,7 persen.

Keberhasilan Windows, tentu menjawab keraguan Nokia yang mengharapkan Microsoft berbuat lebih banyak lagi untuk mengembangkan aplikasi berbasis Windows Phone. Sebab, meskipun Microsoft telah berhasil meningkatkan pangsa pasar dan volume pada kuartal tersebut, Microsoft harus terus fokus pada pengembangan aplikasi yang lebih banyak untuk membantu pertumbuhan daya tarik di antara pengguna.

Menurut beberapa analis, Microsoft diminta kliennya,  menghadirkan aplikasi berkualitas di Windows Phone. Nokia khawatir, bila windows phone 8 di berbagai perangkat terbarunya minim aplikasi, maka calon pelanggannya bakal lebih memilih perangkat Android ataupun iPhone. Hingga kini, ada sekitar 146 ribu aplikasi yang berjalan di platform Windows Phone. Sayangnya, angka itu belum ada setengahnya, bila dibanding aplikasi iOS dan Android yang telah mencapai 750 ribu aplikasi.




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *