Search
Rabu 18 Mei 2022
  • :
  • :

WIR Gandeng Matrix NAP Info, Jajaki Penyediaan Internet Berkualitas Bagi Pengguna Metaverse

MAJALAH ICT – Jakarta. Perusahaan jasa telekomunikasi PT NAP Info Lintas Nusa (Matrix NAP Info) menjalin kerja sama strategis dengan PT WIR Asia Tbk (WIR Group) – perusahaan teknologi augmented reality terkemuka di Asia Tenggara – dalam pengembangan ekosistem metaverse. Melalui kerja sama ini, kedua pihak akan berkolaborasi sesuai dengan keahliannya masing-masing untuk menjamin kelancaran menjelajahi dunia metaverse sekaligus memberikan pengalaman baru bagi pengguna. Kesepakatan kerja sama ditandatangani oleh Thomas Dragono, Managing Director, PT NAP Info Lintas Nusa (Matrix NAP Info), dan Michel Budi, Direktur Utama, PT WIR Asia Tbk (WIR Group), di Jakarta.

Thomas Dragono, mengatakan, metaverse yang dibangun oleh virtual reality (VR), augmented reality (AR), kecerdasan buatan/artificial intelligence (AI), dan blockchain, pada intinya adalah fase internet lebih lanjut dengan menghadirkan semesta virtual yang memungkinkan manusia berinteraksi dengan avatar maupun berbagai produk dan layanan secara simultan serta paralel. Metaverse membuka kemungkinan interaksi sosial di mana dunia digital tampak realistis, namun tak terbatas.

“Platform metaverse merupakan inovasi teknologi yang akan menjadi wajah peradaban di masa mendatang. Metaverse bukan hanya meningkatkan pengalaman manusia dalam memanfaatkan teknologi digital, tetapi juga menciptakan peluang-peluang baru yang sebelumnya tidak terpikirkan serta mempengaruhi segala aspek kehidupan, baik sosial, budaya, maupun ekonomi,” ujarnya.

Thomas melanjutkan, masa depan metaverse akan bergantung pada pengembangan ekosistemnya, yang dipengaruhi oleh sejumlah faktor. Salah satu faktor yang cukup penting adalah interoperabilitas yang memungkinkan penguna berpindah dengan mulus di antara ruang virtual, di samping ketersediaan perangkat berteknologi AR/VR yang terjangkau.

“Untuk itulah perlu adanya dukungan infrastruktur jaringan yang canggih serta dapat diandalkan, bukan hanya dalam hal konektivitas tapi juga menyangkut kapasitas, kecepatan tinggi dan latensi yang rendah. Dengan begitu, pengguna bisa benar-benar menikmati pengalaman berinteraksi di dunia metaverse,” imbuhnya.

Sebagai penyedia infrastruktur jaringan yang turut membangun industri teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di Indonesia, Matrix NAP Info yakin kolaborasi dengan WIR Group menjadi langkah strategis untuk pengembangan ekosistem metaverse serta meningkatkan pengalaman end-user, baik institusi maupun individu.

“Kami adalah penyedia akses jaringan pertama dan independen yang beroperasi di Indonesia melalui infrastruktur kabel bawah laut milik sendiri, yaitu Matrix Cable System (MCS) yang menghubungkanJakarta-Singapura secara langsung.. Dengan pengalaman lebih dari dua dekade dan keahlian tim kami, kami yakin dapat bekerja sama dengan WIR Group dan berkontribusi dalam pengembangan ekositem metaverse di Indonesia serta turut mendukung transformasi digital negeri,” ujar Thomas.

Sementara itu Michel Budi, Direktur Utama WIR Group mengapresiasi langkah kolaboratif Matrix NAP Info dalam mendukung pengembangan ekosistem metaverse di Tanah Air. WIR Group menilai pengembangan metaverse membutuhkan kesiapan dan partisipasi beragam pihak, termasuk perusahaan jasa telekomunikasi, untuk menghadirkan pengalaman baru bagi masyarakat dan menjadi solusi masa depan dalam menghadapi tantangan di era digital tanpa batas.

“Kerja sama strategis dengan Matrix NAP Info sebagai perusahaan telekomunikasi terkemuka juga bisa menjadi contoh dan kami harap bisa menginspirasi perusahaan teknologi lainnya dalam memberikan solusi dan beradaptasi dengan perubahan digital serta mengakselerasi transformasi digital di Tanah Air,” tandasnya.

 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *